Wahai Para Isteri, Bantulah Kehidupan Agama Suamimu

MuslimahZone.com – Allah SWT berfirman : “ Ingatlah ketika Istri Imran berkata,”… Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku menadzarkan kepada-Mu, anak yang ada dalam kandunganku ini menjadi hamba yang shalih dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah nadzar itu dariku. Sesungguhnya Engkaulah YangMaha Mendengar lagi Maha Mengetahui (QS Ali Imran : 35)

Seorang istri mempunyai kewajiban berdakwah. Orang yang paling utama didakwahi adalah suaminya sendiri. Karena itu, tugas seorang istri membantu kehidupan beragama suami adalah fardhu’ain. Maksudnya, kewajiban yang harus dilakukan tiap-tiap orang. Karenanya istri adalah orang yang paling bertanggung jawab meluruskan perilaku suami yang tidak sejalan dengan ketentuan Islam.

Contoh kiprah seorang istri yang membantu kehidupan agama suaminya ialah apa yang dilakukan oleh Istri ‘Imran As. Kejadian ini dijelaskan oleh Allah pada Qs : Ali Imran 35 tersebut.

Imran termasuk salah seorang Nabi di  lingkungan Bani Israil . Imran bertugas mengajari Bani Israil  ilmu-ilmu agama dan membimbing mereka beribadah kepada Allah . Imran as ingin sekali usahanya kelak dilanjutkan oleh keturunannya. Keinginan ini disampaikan kepada istrinya. Istrinya pun sangat mendukung dan bernadzar kepada Allah SWT jika kelak mempunyai anak, maka anaknya itu akan diserahkan kepada rahib-rahib Bani Israil untuk dididik menjadi ahli agama dan berbakti bagi kepentingan agama.

Istri Imran merupakan suri teladan bagi para istri dalam membantu suami membangun kehidupan beragama. Akhlaq suami yang teguh pada agama harus selalu ditopang, bahkan terus diberi semangat supaya sang suami hidup di jalan yang diridhoi Allah.

Jangan terjadi sebaliknya, istri menjadi musuh dalam kehidupan beragama suaminya. Misalnya, suami menghendaki hidup bersih dan lurus, sehingga suami selalu menjauhkan diri dari mencari pendapatan yang tidak halal.  Sangat disesalkan dari seorang istri , yaitu mendorong suaminya untuk mengumpulkan kekayaan sebanyak-banyaknya walaupun terpaksa dengan melakukan korupsi, penipuan dan cara-cara haram lainnya.

Juga ada istri yang membantu suaminya melakukan perbuatan-perbuatan dosa. Contohnya istri Abu Lahab yang membantu usaha-usaha Abu Lahab untuk memusuhi Nabi Muhammad saw menyebarkan dakwah Islam di Makkah. Kasus istri Abu Lahab ini diabadikan oleh Allah swt dalam Qs Al Lahab.

Dalam ajaran Islam seorang istri tidak boleh acuh terhadap kehidupan agama suaminya. Jika suaminya menyalahi ajaran agama, ia wajib meluruskannya. Jika suami memusuhi dakwah Islam, ia wajib menghentikannya. Dan jika suami menegakkan kehidupan Islam , maka ia wajib membantunya. Bila suami kurang pengetahuan Islamnya, sedang istri banyak tahu, maka  wajib mengajari suaminya. Karena itu istri wajib terus menerus belajar agama agar dapat membantu suaminya dalam menegakkan kehidupan beragama.

(jurnalislam.com/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin