Tujuh Resep Mendidik Anak

standar ibu sukses

Muslimahzone.com – Pasangan suami istri pasti menginginkan buah hati untuk melengkapi kehidupan mereka. Kelahiran anak menjadi anugerah yang begitu indah untuk setiap pasangan. Mereka membawa kebahagiaan dan harapan agar tumbuh menjadi pribadi sukses dan membanggakan.

Cara mendidik anak yang benar menjadi kunci untuk mewujudkan harapan tersebut. Namun dalam prosesnya, orangtua kerap melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sebenarnya justru merupakan tindakan yang salah. Kebiasaan orang tua yang salah ini  akan berpengaruh besar dalam membangun karakter anak saat sudah dewasa.  Berikut ini ada tujuh rahasia yang bisa dilakukan orangtua untuk mendidik anak-anak mereka. Cara ini diharapkan mampu membangun mental agar anak menjadi  pribadi sukses dan membanggakan. Apa saja? Berikut ulasannya. 

1. Diamkan Anak ketika Menangis
Hal pertama yang harus dilakukan dalam mendidik anak adalah mendiamkan mereka ketika menangis. Banyak orangtua yang membiarkan begitu saja ketika buah hati mereka menangis karena suatu hal. Padahal sebenarnya ketika anak menangis, sebagai orangtua jangan pernah membuang waktu untuk mendiamkannya. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua ketika anaknya menangis. Bisa dengan menunjuk burung atau awan di atas langit agar ia melihatnya lalu terdiam. Karena psikologis manusia saat menangis adalah menunduk. Maka cara mendiamkannya adalah dengan mengarahkannya untuk melihat ke arah atas. 

2. Ingatkan Anak untuk Berhenti Bermain
Mungkin sebagian orangtua ada yang merasa kesal ketika menyuruh anaknya berhenti bermain namun si anak tetap tidak beranjak. Jika ingin anak-anak berhenti, maka jangan pernah mengucapkan “Ayo, sudah mainnya, stop sekarang!.” Namun usahakanlah untuk mengatakan kepada mereka Mainnya 5 menit lagi yaaa”. Kemudian ingatkan kembali: “Dua menit lagi yaaa”. Kemudian barulah katakan: “Ayo, waktu main sudah habis”. Dengan demikian maka akan membuat mereka bisa berhenti bermain dengan hati yang ikhlas. 

3. Alihkan Perhatian Anak ketika Mulai Berisik
Memiliki banyak anak mungkin menjadi anugerah bagi sebagian orangtua. Akan tetapi bagaimana jika semua anak tersebut menimbulkan suara berisik yang justru membuat gaduh? Peran orangtua di sini untuk menenangkan mereka adalah dengan melakukan peringatan. 

Namun caranya harus benar yakni dengan mengalihkan perhatian si anak. Bisa dengan mengatakan Ayoo.. Siapa yang mau mendengar cerita saya, angkat tangannya..”. Ketika satu orang saja yang tunjuk tangan, maka akan membuat anak lainnya ikut diam dan suasana kembali tentram.

4. Ucapkan Hal ini saat Anak Hendak Tidur
Ketika anak hendak tidur, sebagai orangtua hendaknya berkata seperti ini: Ayo tidur sayang.. besok pagi kan kita sholat subuh”, ucapan yang demikian ini akan membuat mereka lebih memperhatikan perkara akhirat. 

Hindari perkataan seperti ini: “Ayo tidur, besok kan sekolah”. Sebab hal ini akan membuat mereka tidak sholat subuh dan lebih perhatian terhadap kehidupan di dunia. Untuk itu, terus ingatkan anak perkara akhirat. Sebab anak yang shaleh dapat membawa orangtuanya menuju surga di akhirat kelak.

5. Nikmati Waktu Tumbuh Kembang Anak
Fenomena yang terjadi saat ini, banyak orangtua yang sibuk bekerja di luar rumah dan menyerahkan anak mereka untuk di asuh oleh baby siter. Padahal sebenarnya orangtualah yang seharusnya berperan dalam mendidik anak dari kecil hingga dewasa. 

Nikmati masa kecil anak-anak, sebab tanpa terasa waktu akan berlalu dengan sangat cepat. Akan ada banyak hal yang akan terlewatkan apabila orangtua terlalu sibuk dengan kegiatan di luar rumah tanpa memperdulikan kehidupan anaknya. 

Untuk itu, luangkanlah waktu untuk bermain bersama mereka, tertawa bersama mereka dan bercanda di rumah bersama keluarga. Terus ajarkan mereka mengenai nilai-nilai kehidupan dengan cara yang menyenangkan sambil bermain. Dengan demikian sebagai orangtua anda akan memahami kepribadian si buah hati. 

6. Kurangi Penggunaan Handphone
Perkembangan dan kecanggihan teknologi terkadang membuat orangtua mengabaikan anak mereka. Banyak orangtua yang sibuk bermain gadget ketimbang merawat anaknya. Ada yang sibuk chatting-an dan tidak memperdulikan bahwa anaknya belum makan dan masih banyak lagi kasus lainnya.

Padahal sebagai orangtua yang baik, anda harus bisa meninggalkan segala sesuatu yang berkaitan dengan gadget saat bersama anak. Orangtua yang bijaksana adalah mereka yang mengetahui bagaimana cara menyeimbangkan segala sesuatu dan pandai dalam mendidik anak.

7. Selalu Berdoa kepada Allah SWT
Rahasia terakhir yang harus diterapkan dalam mendidik anak adalah dengan cara berdoa kepada Allah SWT. Doakan agar anak-anak kita menjadi perhiasan yang menyenangkan baik itu di dunia ataupun di akhirat. Terus doakan yang  terbaik untuk mereka, sebab doa orangtua lebih mujarab untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Demikianlah ulasan mengenai tujuh rahasia mendidik anak. Semoga artikel ini dapat membantu orangtua agar bisa mendidik anaknya dengan baik. Teruslah memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak dan senantiasa mengajarkan segala kebaikan kepada mereka.

(muslimahsejatiku/muslimahzone.com)

Leave a Reply

tito-karnavian
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
sosmed-dipantau
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
kin-4
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
jokowi-di-iran
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
parfum
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
menyadap
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
fardhukifayah
Level Fardhu Kifayah
menghina ulama
Hukum Menghina Ulama
Rizki-Semut
Rizki di Tangan Allah
Bandul-Kehidupan
Pada Suatu Titik
empty_long_road_at_sunset-wide
Mencari Jalan Pulang
hoax
Republik Hoax
sepatu jodoh
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
istri 2
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
shaum
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
cinta_love
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
tauhid anak
Aku Peduli Iman Anakku
The sleeping boy
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
menghafal-alquran
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
gosok-gigi
Contoh Saja (Masih) Belum Cukup
cyber army 2
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
kamera
Jaga Aurat di Depan Kamera
selfie-muslimah
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
sosmedia
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
kebun anggur
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
bani umayyah
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
isteri taat
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
wahyu alquran
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
air-mentimun
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
popok-bayi
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
nangka
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
minum
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
membaca-buku
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
cara-menyapih-anak
7 Tips Menyapih Anak
daging-kurban
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
menghafal
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
pangsit-kuah
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
resep-kue-ketan-isi-mangga
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
resep-lumpia
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
wedang-bajigur
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin