Tugas Pokok Wanita Menurut Islam

bunga-1

MuslimahZone.com – Sampai hari ini, sebagian media massa dan aktivis feminis masih saja berusaha mendorong wanita muslimah di Indonesia untuk bekerja di berbagai bidang layaknya pria. Di antara usaha mereka itu, ada yang berbentuk himbauan langsung dan ada yang berbentuk pencitraan positif. Himbauan langsung agar para muslimah berpartisipasi aktif sebagaimana pria biasanya dilakukan oleh para aktivis feminis, sedangkan pencitraan positif biasanya dilakukan oleh media massa.

Akibat usaha massif yang dilakukan oleh mereka itu, banyak muslimah yang terjebak pada pandangan yang mengecilkan peran wanita sebagai ibu dan pengatur rumah tangga. Padahal dalam Islam, justru peran itulah yang dianggap utama bagi wanita. Atau dalam kata lain, peran ibu dan pengatur rumah tangga merupakan tugas pokok bagi wanita menurut Islam.

Alasan utama yang menjadi landasan untuk menyimpulkan bahwa tugas pokok wanita adalah sebagai ibu dan pengatur rumah tangga adalah adanya hukum-hukum mengenai wanita yang semuanya memberikan petunjuk ke arah pemahaman tersebut. Seperti hukum dalam masalah kehamilan, kelahiran, persusuan, pengasuhan dan hukum-hukum yang berkaitan dengan masalah ‘iddah.

Oleh karena itu, apapun lapangan pekerjaan wanita dan apapun beban yang dipikulnya, maka seorang wanita harus tetap mempertahankan fungsinya yang paling mendasar, yaitu sebagai ibu dan pengatur rumah tangga, termasuk sebagai pendidik bagi anak-anaknya.

Meski begitu, tidak berarti bahwa aktivitas wanita hanya dibatasi pada perannya sebagai ibu dan pengatur rumah tangga saja dan ia dilarang dari melakukan aktivitas-aktivitas yang lain. Sebaliknya, Islam telah menetapkan kebolehan wanita untuk menekuni aktivitas pertanian, industri, perdagangan dan bahkan mewajibkan aktivitas-aktivitas lain di luar peran ibu dan pengatur rumah tangga seperti mengemban dakwah dan menuntut ilmu.

Dengan demikian, anggapan bahwa Islam mengekang dan melakukan diskriminasi terhadap wanita adalah anggapan keliru bahkan ngawur karena tidak memiliki landasan sama sekali. Justru, yang diperbuat Islam itulah yang disukai oleh para wanita, termasuk wanita dari kalangan Barat.

Media Harian Seputar Indonesia menulis, “Saat ini kecenderungan wanita di dunia dalam beragam tingkat ekonomi, lebih memilih mengasuh anak dibandingkan mencari rezeki di luar.” Kesimpulan tersebut tercermin dari survei terbaru di Amerika Serikat yang menunjukkan turunnya angka wanita pekerja dalam beberapa dekade terakhir. “Penurunan pekerja wanita ternyata terlihat nyata di antara semua kelompok ekonomi masayarakat, totalnya kira-kira sama,” kata Philip Cohen PhD, profesor sosiologi di Universitas North Carolina, Chapel Hill, Amerika Serikat.

Dalam sebuah penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2005, US Cencus Bureau melaporkan, diperkirakan sekitar 5,6 juta wanita memilih menjadi ibu rumah tangga dan tinggal di rumah. Data ini menunjukkan kenaikan 22% dari 1994.

Bukti lain, dalam sebuah buku berjudul The Cinderella Complex, ditemukan fakta betapa banyak wanita Amerika yang ternyata lebih senang berperan sebagai ibu rumah tangga dibanding keluar rumah untuk bekerja. Penulis buku tersebut, Colette Dowling, bahkan mengakui bahwa ia sendiri menikmati kesenangan menjadi seorang istri dan menginginkan pekerjaan merawat, membuat kue dan membersihkan kamar-kamar.

Bahkan dalam buku tersebut juga ditemukan fakta betapa banyak wanita yang keluar dari pekerjaannya dengan alasan bahwa bekerja telah menimbulkan stres pada mereka dan ketika mereka telah berhenti dari pekerjaan dan kembali berada di rumah, mereka mengakui telah merasakan kelegaan yang luar biasa.

Demikianlah betapa Islam telah menetapkan segala sesuatunya sesuai dengan tabiatnya. Maka ketika suatu ketetapan tidak dijalankan berdasarkan Islam, justru malah menimbulkan kerusakan yang besar, yang itu diakibatkan ketidaktahuan manusia mengenai hakikat objek yang ia beri ketetapan tersebut.

Dengan demikian, agar kerusakan tidak berlangsung terus-menerus, maka kewenangan membuat peraturan harus diserahkan kepada Yang Maha Tahu, yaitu Allah SWT, termasuk dalam soal penetapan tugas yang pokok atau utama bagi wanita. Dan bila suatu ketetapan telah diputuskan oleh-Nya, maka setiap hati mukminin dan mukminat harus menerimanya dengan penuh kepasrahan, selayaknya sikap seorang hamba terhadap keputusan tuannya.

Oleh : Adnan Syafi’i

(detikislam/muslimahzone.com)

Leave a Reply

mendidik-anak
“Untuk Mendidik Seorang Anak, Butuh Orang Sekampung”
bahaya-smartphone
Waspadai Masalah Kesehatan Akibat Ketergantungan Smartphone!
aksi-bela-islam
Kronologi Kejadian Aksi Bela Islam II pada 4 Nov 2016 Resmi dari GNPF MUI
irena-handono
Terkait Penistaan Al-Qur’an, Umi Hj. Irena Handono Menulis Surat Terbuka Untuk Presiden dan Kapolri
israel-kebakaran
Kebakaran di Israel dan Tafsir Surat Al-Fajr
arisan
Hukum Arisan Dalam Islam
memukul
Kebolehan Memukul Istri dan Anak Sebagai Ta’dib
pasar-islam
Mal dan Fasilitas Dagang dalam Islam
lidi-umat
Ketika Lidi Umat Bersatu…
mencintai-allah
Ya Allah Aku Mencintai-Mu, Walaupun Aku Bermaksiat Kepada-Mu…
kebakaran-israel
Hikmah Dibalik Kebakaran Dahsyat di Israel
memuji
Bolehkah Memuji Seseorang?
nasehat-pasutri
Nasehat Pasutri Agar Kokoh Perkawinan
bunga-layu
Mengingkari Kebaikan Suami, Salah Satu Penyebab Terbanyak Wanita Masuk Neraka
keluarga-islami-2
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan (Part 2)
keluarga-sakinah
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan
anak-lucu
Kebutuhan Memahami Anak Usia Dini
mencium-bayi
Ini Alasan Sebaiknya Tidak Mencium Bibir Anak
kejujuran-anak
Mengokohkan Kejujuran Dalam Diri Anak
anak-laki-laki
Membangun Karakter Anak Laki-Laki
kamera
Jaga Aurat di Depan Kamera
selfie-muslimah
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
sosmedia
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
alay
Era Gadget Ciptakan Generasi Alay, Generasi Lalai
salat-jumat-212-diguyur-hujan
Semerbak Harum Saat Hujan Turun Dalam Aksi 212
sepatu
Karena Ukuran Kita Tak Sama
muslim-ummah
Ilmu Sanad, Hanya Dimiliki Umat Islam
fetih1453_15
Shalat Jum’at di Jalanan Bid’ah ? Mari Tengok Sejarah !!
mandi-malam
Manfaat dan Resiko Mandi di Malam Hari
profil-muhaimin-iqbal
The Age of Deception
obesitas
Apa yang Menjadi Penyebab Obesitas?
kentut
Sering Kentut, Ini Penyebab, Diagnosa dan Pencegahannya
cara-menyapih-anak
7 Tips Menyapih Anak
daging-kurban
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
menghafal
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
menghafal alquran
Cara Cepat Menghapal Al Quran Dengan 15 Menit
resep-kue-ketan-isi-mangga
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
resep-lumpia
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
wedang-bajigur
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin
klepon
Klepon Yummy