Tips Agar Buah Hati Makan Sendiri Tanpa Disuapi

MuslimahZone.com – Terdapat kebiasaan di masyarakat untuk menyuapi anak-anak hingga melewati usia balita. Akan tetapi, dewasa ini mulai berkembang tren untuk mengajarkan si kecil untuk makan sendiri sedini mungkin atau biasa disebut self-feeding. Metode ini memiliki manfaat untuk melatih kemandirian dan kepercayaan diri. Selain itu, ia bisa meningkatkan fungsi motorik dan koordinasi karena dengan makan sendiri si kecil akan belajar memegang dengan baik dan mengarahkan makanan ke mulutnya.

Mengenalkan cara makan mandiri pada bayi

Self feeding bisa mulai dilakukan ketika si kecil sudah terbiasa dengan makanan semi padat (sekitar usia 6 bulan) dan sudah dapat menyangga lehernya dengan baik. Jangan mengajarkan self-feeding kepada si kecil sebelum ia bisa menyangga lehernya karena bisa menyebabkan si kecil tersedak.

Pada dasarnya, bayi memiliki kebiasaan meniru orang dewasa sehingga menumbuhkan minat si kecil untuk makan sendiri tidaklah sulit. Akan tetapi, ada juga anak-anak yang tidak segera menunjukkan ketertarikan untuk memasukkan sendiri makanan ke mulutnya dan lebih suka dibantu. Bila si kecil termasuk golongan ini, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu.

Tips agar si kecil terbiasa makan sendiri

  1. Beri contoh kepada si kecil bagaimana cara makan sendiri. Peragakan di depannya bagaimana cara mengambil makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Pada beberapa kesempatan, ajak si kecil makan bersama anggota keluarga lainnya. Makan bersama bisa menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan kepada si kecil cara menggunakan alat-alat makan.
  2. Bila masih sulit bagi si buah hati untuk makan dengan peralatan makan, berikan ia finger food. Finger food adalah makanan-makanan yang bisa dimakan si kecil dengan mudah tanpa menggunakan alat makan. Finger food biasanya berupa makanan yang lunak yang dimakan si kecil dengan cara dipegang di tangan, misalnya kentang rebus, jeruk, wortel baby yang dikukus, dan sebagainya. Kenalkan si kecil dengan berbagai jenis potongan-potongan makanan dalam berbagai ukuran, namun hindari makanan yang bisa menyebabkan tersedak, seperti kacang utuh, kismis, atau anggur utuh.
  3. Banyak anak-anak yang bisa makan dengan lebih baik bila tidak merasa diawasi. Karena itu, beri mereka kesempatan untuk belajar makan sendiri tanpa perlu diawasi dari dekat. Akan tetapi, jangan pula meninggalkan si kecil sendirian ketika belajar makan untuk berjaga-jaga bila ia mengalami kesulitan atau tersedak. Awasi mereka dari jauh sambil melakukan kegiatan lain.
  4. Mengajarkan anak-anak makan sendiri sudah pasti membutuhkan kesabaran ekstra. Ia mungkin akan membuat makanannya berantakan atau bahkan tumpah ke lantai. Akan tetapi, tetaplah sabar dan hanya bantu si kecil bila diperlukan. Bila kita selalu membantunya, ia tidak akan bisa makan sendiri. Lebih baik, hamparkan alas pada lantai atau karpet supaya tumpahan makanan tidak mengotorinya dan biarkan si kecil belajar pelan-pelan untuk makan dengan rapi.

(balitapedia/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin