Solusi Pola Asuh Islami Bagi Orangtua di Abad 21

MuslimahZone.com – Mendidik anak-anak di abad 21 tidak mudah, dan juga bukan lebih sulit daripada membesarkan anak-anak di abad manapun. Tentu saja setiap periode waktu memiliki masalah yang unik dan berbeda tapi saran generik akan selalu menawarkan solusi terbaik karena sifat manusia tetap tidak berubah. Ketika Allah turunkan Al-Quran, Dia mengisinya dengan saran dan pengingat yang akan sama-sama berguna untuk semua periode waktu.

Menurut Ibnu Katsir dan sebagian besar ulama Islam, Luqman bukanlah seorang nabi tetapi orang bijak yang telah diberkati Allah dengan hikmat. Orang bijak yang dikenal sebagai Luqman memberikan 10 nasihat kepada anaknya. Nasihat yang berlaku sekarang dan dapat diikuti dan digunakan oleh setiap orang tua yang ingin membesarkan anak dalam cahaya Islam. Dikatakan bahwa jika semua orang tua menerapkan saran Luqman maka tidak akan ada perlu khawatir tentang nasib anak-anak di akhirat karena mereka telah menunjukkan jalan yang mengarah ke surga. Dalam beberapa ayat pendek dari Al-Quran yang berisi saran Luqman kepada anaknya adalah kunci sukses dalam hidup ini dan pada hari kiamat. Berikut diantaranya:

1. …. “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelaliman yang besar”. (Luqman : 13)

Luqman menyebut anaknya “anakku” bukan dengan nama sehingga penekanan ikatan kekeluargaan lebih jelas. Dia menangkap perhatiannya dan mendorong anaknya untuk mendengarkan dengan cermat apa yang dia katakan. Dia kemudian meminta perhatian anaknya tentang hal yang paling penting di mata Allah, yaitu mengesakan-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan yang lain.

2. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Dalam Al-Quran Allah menyebutkan hak-hak orang tua dalam kalimat yang sama sebagai aspek yang paling penting dari Islam. Hal ini menunjukkan bahwa bersikap baik kepada orang tua, menghormati dan menghargai mereka, sangat penting dalam cara hidup yang Islam.

Dan Tuhanmu telah menetapkan bahwa Anda tidak menyembah selain Dia dan bahwa Anda akan berbakti kepada orang tua Anda …” (Quran 17:23)

Nabi Muhammad juga telah menerangkan dalam haditsnya tentang kewajiban untuk berbuat baik kepada orang tua. Salah seorang sahabat Nabi pernah bertanya mana dari banyak perbuatan baik seorang pria  yang paling dicintai oleh Allah. Nabi Muhammad menjawab dengan mengatakan, “Untuk menawarkan doa pada waktu yang ditentukan”. Sahabatnya kemudian bertanya, “Dan apa yang berikutnya?”  Nabi Muhammad menjawab, “Untuk menjadi baik dan berbakti kepada orang tua Anda”

3. “Wahai anakku, sesungguhnya jika ada seberat biji sawi, dan berada dalam batu karang atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya, Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.”

Luqman kemudian menyarankan anaknya untuk mengingat kekuatan dan kekuasaan yang dimiliki Allah. Pengetahuan Tuhan itu sempurna, apa pun yang terjadi atau akan terjadi di dunia ini sudah diketahui oleh Allah. Kekuatan Allah adalah mutlak dan tidak boleh dipertanyakan, ditantang atau diabaikan oleh siapa pun. hal ini menyimpulkan bahwa segala ilmu yang ada di dunia ini telah jelas milik Allah dan manusia dapat mempelajari ilmu yang telah Allah berikan.

Review dari islamreligion.com by: Aisha Stacey

(fauziya/muslimdaily/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin