Saat Tidak Semua Ayah Seperti Aa Gym

Muslimahzone.com – Akhir-akhir ini kita dibuat takjub dengan pernikahan putri seorang ulama negeri ini. Pernikahan yang hanya memakan waktu singkat, dengan proses cepat dan tepat. Tak perlu hitungan bulan bahkan tahun. Tanpa awalan pacaran seperti trend anak muda jaman sekarang. Semua proses dijaga dalam koridor yang baik.

Hal yang disayangkan adalah, contoh baik seperti ini tidak banyak diliput oleh media kebanyakan. Hal ini sangat berbeda ketika yang menikah adalah artis. Gelaran mewah mulai dari lamaran hingga pernikahan disiarkan langsung berhari-hari. Menjadi topik terhangat yang disajikan setiap hari di televisi.

Sebagai perempuan, tentu menyenangkan dan menenangkan apabila orang tua kita cukup faham kewajibannya dalam hal satu itu. Seperti Aa Gym yang memilihkan suami yang baik untuk putrinya. Bahkan sebelum calon menantunya saat itu mengajukan diri.

Aa Gym memilih dengan standar agama. Bukan tentang anak siapa. Apa pekerjaannya. Bukan pula hanya tentang rupawan parasnya. Tapi tentang agamanya. Seperti yang kita tahu, menantu beliau adalah seorang hafidz. Baik akhlaknya dan tidak banyak bicara.

Siapa yang tidak ingin begitu? Lahir di keluarga ulama yang terjaga. Tinggal di lingkungan beraroma ilmu surga. Namun bukankah takdir setiap orang berbeda-beda? Masih banyak ayah-ayah diluar sana yang tidak seperti  Aa Gym. Lebih memilih menggunakan pertimbangan materi sebagai salah satu syarat utama untuk menikahkan putri-putrinya.

Tidak jarang kita temukan orang tua di luar sana yang lebih dulu menanyakan apa pekerjaan laki-laki yang datang meminang putrinya, bukan dimana tempat ngajinya. Bukan berapa hafalannya. Atau minimal, berjamaahkah sholat wajibnya.

Banyak ayah yang lebih tertarik untuk menanyakan berapa mahar yang akan diberikan saat ijab dan qobul, dibanding dengan menilai pemikiran laki-laki yang datang ke rumahnya. Parahnya ini seperti lingkaran syetan yang berputar.  Para laki-laki menjadi lebih mementingkan materi dibandingkan ilmu agamanya. Alasannya klise, menganggap para calon mertua akan bungkam dan mudah memberikan ijin apabila dia datang bersama kesuksesan materi.  Disisi lain banyak laki-laki baik tidak cukup punya nyali untuk bertemu orang tua si perempuan dengan alasan belum mapan. Tidak ada biaya walimah. Selanjutnya yang terjadi adalah hubungan yang tidak jelas dan berkepanjangan antara si perempuan dan laki-laki.

Ini menjadi evaluasi kita bersama. Saat tidak semua ayah seperti Aa Gym. Ketika tata cara yang Rosul ajarkan tidak lagi digunakan sebagai panutan. Maka bagi kita semua baik yang sudah menjadi orang tua dan belum, mari sama-sama berjanji untuk menjadi orang tua yang amanah dengan putra putrinya. Terutama kepada para orang tua yang mempunyai putri, mari sama-sama berjanji untuk menjadi perantara terbaik mengantarkannya menuju pernikahan yang berkah dan diberkahi.

(fimadani/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Republik Hoax
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Contoh Saja (Masih) Belum Cukup
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin