Pernikahan Orang-orang Shalih

MuslimahZone.com – Keshalihan merupakan salah satu faktor penguat ikatan pernikahan, orang-orang shalih mencari jodoh untuk anak-anak mereka dari kalangan orang-orang shalih.

Orang shalih pertama umat ini, Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, memilih wanita-wanita shalihah sebagai pendamping hidupnya dan mencari orang-orang shalih untuk menjadi menantunya.

Menantu Rasulullah ada tiga:

1. Abu al-Ash bin ar-Rabi’, keponakan Khadijah, suami Zaenab binti Rasulullah.

2. Utsman bin Affan, suami Ruqayyah kemudian Ummu Kultsum dua putri Rasulullah. Utsman di samping itu adalah cucu laki-laki dari anak perempuan bibi Rasulullah dari bapak yang lahir kembar bersama bapak Rasulullah Abdullah bin Abdul Mutthalib: Arwah binti Kuraiz bin Habib bin Abdu Syams, dia adalah ibu Utsman, ibu Arwa adalah Ummu Hakim, yaitu al-Baidha` binti Abdul Mutthalib bibi Rasulullah dari bapak.

3. Ali bin Abu Thalib suami Fatimah binti Rasulullah.

Rasulullah sendiri adalah menantu dari orang-orang shalih, beliau adalah menantu Abu Bakar ash-Shiddiq dari Aisyah binti Abu Bakar dan menantu Umar bin al-Khatthab dari Hafshah binti Umar. Rasulullah juga menjadi menantu Abu Sufyan dari Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan.

Seorang wanita shahabiyah muhajirat angkatan pertama, Asma` binti Umais bersuamikan Ja’far bin Abu Thalib, saat Ja’far gugur syahid di perang Mu`tah, Abu Bakar ash-Shiddiq menikahi Asma` ini, dan sesudah Abu Bakar wafat, Ali bin Abu Thalib menikahi Asma` ini.

Thalhah bin Ubaidullah adalah menantu Abu Bakar dari Ummu Kultsum binti Abu Bakar. Umar adalah menantu Ali bin Abu Thalib dari Ummu Kultsum binti Ali.

Putra Utsman yaitu Aban bin Utsman menikah dengan wanita dari Bani Hasyim, dia menikahi Ummu Kultsum binti Abdullah bin Ja’far ath-Thayyar bin Abu Thalib saudara kandung Ali.

Cucu Ali dan anak perempuan al-Husain, Sukainah menikah dengan cucu Utsman Zaid bin Amru bin Utsman. Cucu Ali yang kedua dan putri al-Husain Fatimah menikah dengan cucu Utsman yang lain, yaitu Muhammad bin Abdullah bin Amru bin Utsman bin Affan. Dan sebelum itu Ummu Habibah binti Abu Sufyan, sayyid Bani Umayyah dinikahi oleh Sayyid Bani Hasyim Rasulullah ash-Shadiq al-Amin sebagaimana sudah diketahui, sebagaimana Hindun binti Abu Sufyan menikah dengan al-Harits bin Naufal bin al-Harits bin Abdul Mutthalin bin Hasyim, lalu dia melahirkan anaknya Muhammad.

Lubabah binti Ubaidullah bin Abbas bin Abdul Mutthalib menikah dengan al-Abbas bin Ali bin Abu Thalib, kemudian sesudah Abbas wafat, Lubabah menikah dengan al-Walid bin Utbah bin Abu Sufyan, keponakan Mu’awiyah.

Ramlah binti Muhammad bin Ja’far ath-Thayyar bin Abu Thalib menikah dengan Sulaiman bin Hisyam bin Abdul Malik al-Umawi, dan sesudahnya dia menikah dengan Abu al-Qasim bin al-Walid bin Utbah bin Abu Sufyan.

Putri Ali bin Abu Thalib Ramlah menikah dengan putra Marwan bin al-Hakam bin Abu al-Ash bin Umayyah. Ramlah sebelumnya bersuamikan Abu al-Hayyaj, kemudian sesudah itu dia menikah dengan Mu’awiyah bin Marwan bin al-Hakam bin Abu al-Ash.

Cucu Ali bin Abu Thalib menikah dengan cucu Marwan bin al-Hakam, Nafisah binti Zaid bin al-Hasan bin Ali bin Abu Thalib menikah dengan Walid bin Abdul Malik bin Marwan, dia wafat sebagai istrinya, ibunya adalah Lubabah binti Abdullah bin Abbas.

Begitulah orang-orang shalih, mereka mencari jodoh untuk diri mereka dan anak-anak mereka dari kalangan orang-orang shalih, sehingga pernikahan mereka semakin kuat dan kokoh. Wallahua’lam.

Sumber: alsofwa.com

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin