Penyebab Anak Susah Makan

susah makan

Muslimahzone.com – Anak yang susah makan tentunya merupakan bagian permasalahan yang kerap dialami para orang tua. Maka cara mengatasi anak yang susah makan juga perlu untuk diketahui dan dipahami dengan baik oleh para orang tua.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya di dalam makanan terdapat banyak nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh para anak-anak untuk pertumbuhan dan perkembangan serta kesehatan anak-anak kita tentunya. Kita tidak bisa memungkiri akan manfaat gizi untuk kesehatan dan kecerdasan anak. Ia mempunyai peranan yang cukup besar dalam hal ini.

Asupan makanan bagi anak atau balita usia 1-5 tahun merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan anak-anak. Makanan dalam hal ini berfungsi dan bermanfaat dalam rangka pemenuhan kebutuhan gizi dan nutrisi serta energi dalam menunjang aktifitas sehari-hari buah hati kita.

Jika balita susah makan dan hal ini tidak segera kita atasi maka hal ini akan bisa berdampak dan berpengaruh yang kurang baik untuk kesehatan dan proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak akan bisa lebih mudah untuk terserang penyakit bila pemenuhan nutrisinya tidak tercukupi dengan baik.

Pentingnya asupan gizi dalam makanan untuk pertumbuhan, kecerdasan serta kesehatan anak tidak boleh dianggap sebelah mata. Karena dalam masa anak itu proses pertumbuhan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kecerdasan anak di masa depannya.

Penyebab Susah Makan Pada Anak

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seorang anak atau bayi dan balita menjadi susah makan. Dua diantaranya dibedakan karena faktor secara fisik  juga faktor psikis yang ada pada anak atau balita.

Faktor fisik yang menjadi penyebab anak menjadi susah makan contoh mudahnya adalah adanya gangguan di organ pencernaan anak maupun terdapatnya infeksi dalam tubuh anak.

Sedangkan faktor psikis yang bisa menjadi penyebab anak menjadi susah makan antara lain adalah karena adanya gangguan psikologis pada anak, seperti kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orangtua, maupun anak dipaksa untuk memakan makanan yang tidak disukainya.

Beberapa hal yang bisa menjadikan faktor penyebab seorang anak menjadi susah makan antara lain adalah sebagai berikut seperti dikutip dari newsfarras:

Banyak Makan Snack atau Camilan Yang Mengandung Kalori Menjelang Waktu Makan

Ketika seorang anak banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori atau dalam hal ini makanan atau jajanan yang manis-manis sebelum waktunya makan, maka hal ini akan bisa menjadikan perut anak merasa kenyang terlebih dahulu. Makanan yang banyak mengandung kalori ini biasanya makanan yang manis-manis seperti : permen, minuman ringan, cokelat, snack ber-MSG.

Bosan Dengan Menu Masakan

Merasa bosan dengan menu sehari-hari yang dirasakan anak seperti itu-itu saja tanpa adanya variasi dalam penyajian menu makanan, maka lambat laun hal ini akan bisa menyebabkan anak bosan dan selanjutnya bisa masuk dalam tahapan anak menjadi susah makan. Untuk itu para orang tua khususnya para ibu untuk lebih bisa menyajikan makanan yang bervariasi.

Bila sekarang banyak anak yang cepat merasa bosan dengan menu makanan yang disajikan oleh ibunya. Sehingga hal ini seyogyanya akan mendorong para ibu untuk lebih kreatif dalam membuat menu makanan sehingga tidak menimbulkan datangnya rasa bosan anak terhadap menu makanannya.

Jika penyebabnya adalah karena menu makanan tersebut tidak disukai oleh anak, misalnya sayuran, maka ibu harus menyiasati untuk mengenalkan secara perlahan ‘rasa’ dari sayuran itu. Ini merupakan salah satu cara mengatasi anak yang susah makan bagi para orang tua.

Kehilangan Selera Makan

Berdasarkan beberapa penelitian, hal ini disebabkan oleh adanya faktor kecil yang dialami oleh anak khususnya saat masih bayi. Pada kondisi demikian, bayi cenderung lebih sering menyemburkan makanan yang dia makan atau hanya ingin mengemut saja.

Hal ini memang wajar dilakukan oleh bayi pada umumnya, namun tetap saja harus ada makanan pendamping yang masuk pada tubuhnya. Adapun hal tersebut dapat disebabkan oleh bayi yang tiba-tiba kehilangan selera makan. Namun, kondisi ini sifatnya relatif, tidak semua bayi mengalaminya.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

mendidik-anak
“Untuk Mendidik Seorang Anak, Butuh Orang Sekampung”
bahaya-smartphone
Waspadai Masalah Kesehatan Akibat Ketergantungan Smartphone!
aksi-bela-islam
Kronologi Kejadian Aksi Bela Islam II pada 4 Nov 2016 Resmi dari GNPF MUI
irena-handono
Terkait Penistaan Al-Qur’an, Umi Hj. Irena Handono Menulis Surat Terbuka Untuk Presiden dan Kapolri
israel-kebakaran
Kebakaran di Israel dan Tafsir Surat Al-Fajr
arisan
Hukum Arisan Dalam Islam
memukul
Kebolehan Memukul Istri dan Anak Sebagai Ta’dib
pasar-islam
Mal dan Fasilitas Dagang dalam Islam
pertolongan-allah
Pertolongan Allah Kepada yang Menolong Agamanya
cairo
Suara Hati dari Cairo
lidi-umat
Ketika Lidi Umat Bersatu…
mencintai-allah
Ya Allah Aku Mencintai-Mu, Walaupun Aku Bermaksiat Kepada-Mu…
nasehat-pasutri
Nasehat Pasutri Agar Kokoh Perkawinan
bunga-layu
Mengingkari Kebaikan Suami, Salah Satu Penyebab Terbanyak Wanita Masuk Neraka
keluarga-islami-2
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan (Part 2)
keluarga-sakinah
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan
anak-lucu
Kebutuhan Memahami Anak Usia Dini
mencium-bayi
Ini Alasan Sebaiknya Tidak Mencium Bibir Anak
kejujuran-anak
Mengokohkan Kejujuran Dalam Diri Anak
anak-laki-laki
Membangun Karakter Anak Laki-Laki
kamera
Jaga Aurat di Depan Kamera
selfie-muslimah
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
sosmedia
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
alay
Era Gadget Ciptakan Generasi Alay, Generasi Lalai
arrayah-212
Kisah Ar Rayah di Aksi Damai 212
salat-jumat-212-diguyur-hujan
Semerbak Harum Saat Hujan Turun Dalam Aksi 212
sepatu
Karena Ukuran Kita Tak Sama
muslim-ummah
Ilmu Sanad, Hanya Dimiliki Umat Islam
mandi-malam
Manfaat dan Resiko Mandi di Malam Hari
profil-muhaimin-iqbal
The Age of Deception
obesitas
Apa yang Menjadi Penyebab Obesitas?
kentut
Sering Kentut, Ini Penyebab, Diagnosa dan Pencegahannya
cara-menyapih-anak
7 Tips Menyapih Anak
daging-kurban
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
menghafal
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
menghafal alquran
Cara Cepat Menghapal Al Quran Dengan 15 Menit
resep-kue-ketan-isi-mangga
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
resep-lumpia
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
wedang-bajigur
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin
klepon
Klepon Yummy