Penggalan Al Quran Tertua di Dunia Ditemukan di Inggris

MuslimahZone.com – Penggalan Al Quran tertua di dunia kemungkinan besar telah ditemukan Universitas Birmingham. Penanggalan radiokarbon menunjukkan manuskrip itu berusia setidaknya 1.370 tahun, membuatnya menjadi salah satu teks tertua di dunia.

“Penemuan menarik ini akan membuat umat Muslim bersukacita,” kata Ahli manuskrip dari British Library, Dr Muhammad Isa Waley seperti dilansir kompas (22/07/2015).

Manuskrip itu disimpan bersama koleksi buku-buku dan dokumen Timur Tengah lainnya, tanpa diidentifikasi sebagai penggalan Al Quran tertua.

Ketika seorang peneliti mengamati halaman-halaman itu lebih lanjut, diputuskan untuk melakukan uji penanggalan radiokarbon dan menghasilkan sebuah temuan yang sangat “mengejutkan”.

Susan Worrall selaku Direktur koleksi spesial Universitas Birmingham mengatakan, para peneliti “sama sekali tidak menduga” bahwa usia Al Quran tersebut sedemikian tua. “Mengetahui kita memiliki penggalan salah satu Al Quran tertua di dunia sangat menggembirakan,” ujar Susan.

Uji coba untuk menentukan usia penggalan Al Quran itu dilakukan oleh unit akselerasi radiokarbon di Universitas Oxford. Hasil uji coba menunjukkan potongan-potongan itu, yang ditulis di atas kulit domba atau kambing merupakan salah satu fragmen Al Quran tertua di dunia.

“Ini bisa membawa kita mendekati tahun penemuan Islam,” kata David Thomas, profesor bidang studi Kristen dan Islam Universitas Birmingham.

“Orang yang menulisnya mungkin bahkan kenal dengan Nabi Muhammad. Dia mungkin melihat dan mendengar Nabi berkhotbah. Mungkin dia juga kenal Nabi, dan itu adalah kemungkinan yang luar biasa,” katanya.

Aksara Hijazi

Manuskrip Al Qur’an yang ditemukan ditulis dengan aksara Hijazi, yang merupakan aksara Arab kuno. Karena penanggalan radiokarbon menunjukkan rentangan kemungkinan usia, terdapat sejumlah manuskrip koleksi umum dan pribadi yang diperkirakan juga berusia hampir sama.

Jadi tidak mungkin memastikan yang mana merupakan penulisan Al Quran paling awal. Namun, penemuan usia paling awal manuskrip di Birmingham ini, kemungkinan berasal dari sekitar tahun 645, membuatnya menjadi manuskrip tertua.

“Dua lembaran ini, yang ditulis dengan aksara Hijazi yang indah dan terbaca jelas, hampir pasti berasal dari zaman tiga khalifah pertama,” ujar Isa Waley, kurator manuskrip kuno di British Library.

Tiga khalifah pertama itu merupakan pemimpin komunitas Muslim antara tahun 632 dan 656. “Ketika saya pertama melihat lembaran ini, saya sangat tersentuh. Air mata saya penuh emosi dan kebahagiaan,” tambah Waley.

“Saya yakin Birmingham akan didatangi warga dari sekeliling Inggris yang ingin melihat lembaran-lembaran ini,” kata Muhammad Afzal, dewan masjid pusat Birmingham.

Profesor Thomas mengatakan, penemuan ini akan menunjukkan kepada warga Birmingham bahwa mereka memiliki “harta yang nilainya tidak bisa dibandingkan.”

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin