Mengapa Perlu Mengatur Jam Tidur Anak?

MuslimahZone.com – Semalam saya dikagetkan oleh pertanyaan si kakak yang tak terduga. “bunda, kenapa setelah belajar kakak harus segera tidur?” saya menjawab dengan sangat hati-hati. Karena saya tahu secara tersirat putri kecil saya ingin minta izin untuk nonton tv. “iya nak, karena besok pagi kakak harus sekolah. Siang pulang sekolah kan sudah cukup mainnya! jadi kalau malam habis makan, ngaji dan belajar harus langsung tidur.” Si kakak cukup mengerti dan mengiyakan jawaban saya. Kemudian ia segera menutup mata, dan tak lama setelahnya terlelap.

Sebagai orang tua kita berhak mengatur jam tidur anak. Karena di zaman ini tentu tak bisa dipungkiri banyak aktivitas yang bisa dilakukan anak pada malam hari yang dapat mengganggu waktu istirahat malam mereka. Tidak hanya gadget canggih yang dimiliki anak, tetapi juga televisi dengan program-program yang memang disukai anak-anak, bahkan remaja dan juga orang dewasa. Walaupun sebenarnya jika mau jujur semua tontonan itu tidak memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anak kita. Sinetron, film-film anak yang membuat mereka tergantung, memaksa mereka harus nongkrong di depan layar tv berjam-jam sampai larut malam.

Tak terkecuali bagi anak saya yang masih berusia 6 tahun. Film anak menjadi salah satu tontonan favorit di malam hari. Sebagai orang tua saya harus mengajarkan kepadanya jam berapa seharusnya dia tidur. Karena jika kita tidak bijak menyikapi maka anak-anak akan terperangkap dengan kebiasaan nonton tv yang membuat candu. Akhirnya jam tidur anak tak lagi teratur.

Malam yang seharusnya menjadi waktu untuk beristirahat bagi anak malah habis untuk nonton tv main games dan aktivitas lain. Sementara kita tahu hanya dengan tidur yang cukup dan bekualitaslah, vitalitas, kebugaran dan semangat akan kembali pulih esok harinya. Dari banyak penelitian kita juga mengetahui bahwa tidur diperlukan untuk pertumbuhan. Tidur mampu meremajakan kembali fungsi sel-sel tubuh dan memperbaiki metabolisme tubuh. Tidur yang cukup juga akan membantu pertumbuhan otak pada anak. Ini tentu saja diperlukan anak dalam menyerap pelajaran di sekolah. Karena ia bangun di pagi hari dalam keadaan fresh dan semangat.

Bisa dipastikan saat anak kurang tidur, maka pagi anak akan bangun terlambat dalam keadaan malas dan tidak segar sama sekali. Kondisi ini tentu saja akan mengganggu aktivitas kesehariannya di sekolah. Proses menerima pelajaran tidak lagi berjalan lancar karena anak berada dalam keadaan ngantuk dan mudah lelah.

Penting menentukan jam tidur anak agar bisa tidur malam dengan teratur. Mampu menjadikan tidur yang cukup dan berkualitas pada anak sejak dini hingga menjadi kebiasaan tentu akan membantu mereka tumbuh sehat. Dengan tidur yang cukup diharapkan anak-anak akan menjadi lebih kreatif sepanjang hari. Hingga saat mereka remaja nanti kebiasaan tidur yang baik akan sangat bermanfaat bagi perkembangan emosionalnya. Mereka akan terhindar dari depresi atau stress yang telah banyak dibuktikan para ahli yang salah satu faktor penyebabnya adalah karena kurang tidur.

(kompasiana/muslimahzone.com)

No Responses

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin