Mengajarkan Doa Pada Anak Dengan Bercerita

Muslimahzone.com – Dengan kesibukan orangtua juga ananda yang bersekolah fullday sejak pukul 7.30 pagi berangkat hingga 16.30 petang baru pulang. Sampai rumah pun ia sudah merasa letih. Malam kadang digunakan untuk menyelesaikan tugas sekolah, atau hanya sekedar membaca bersama, menulis komik, atau bahkan bermain lego kesukaannya. Tak ingin membebaninya lebih sebab khawatir overload. Hanya saja rutinitas membaca Al-Quran atau murajaah setelah shalat maghrib harus tetap dijaga. Lalu kapan kita menanamkan pondasi aqidah kepada ananda? Apa cukup kita serahkan pada sekolah? Tentu tidak, itu adalah tugas kita.

Kami memiliki waktu yang sangat efektif untuk berkomunikasi, dalam keadaan fresh dan siap belajar, adalah saat berkendara dalam perjalanan mengantarkan ananda ke sekolah. Meski cuma 30 menit perjalanan, ternyata itu sangat efektif. Sebab kami berdua dalam kondisi yang cukup istirahat malam dan fresh di pagi hari. Di situ saya ajarkan satu per satu doa  para Nabi atau orang-orang shalih yang diabadikan dalam Al-Quran. Satu doa satu hari, atau bahkan satu doa bisa diulang selama beberapa hari. Kita buatkan seperti cerita yang mengalir, kita jelaskan gambaran bagaimana keadaan Nabi saat memohon dengan doa tersebut, dalam kondisi bagaimana, serta menjelaskan inti dari semua kisah doa itu adalah: bentuk ketergantungan Nabi kepada Rabb-nya. Jelaskan terjemahan dari doa tersebut, dan ulangi hingga ananda bisa menghafal doa beserta terjemahannya. Sebab dengan mengetahui terjemahan doa, insyaa ALLAH ananda akan mampu memikirkan makna/kandungan doa yang sedang dipelajarinya.

Misalnya, kisah tentang Nabi Yunus as. Ceritakan bagaimana kondisi Nabi Yunus berada dalam 3 kegelapan: dalam gelapnya perut ikan, gelapnya dalam samudera, dan di tengah kegelapan malam. Mengapa Nabi Yunus bisa sampai ditelan ikan. Paparkan hingga ananda mampu mengambil ibrah dari kisah tersebut, kemudian jelaskan terjemahan doa Nabi Yunus. Hingga akhirnya ALLAH menyelamatkannya kembali ke daratan, dan terangkan diambil dari ayat dan surah yang mana di dalam Al-Quran.

Closing kisah dengan menghafalkan bersama, doa yang baru saja dipelajari. Satu doa bisa membutuhkan waktu satu atau dua hari untuk menyelesaikan, dan pastikan ananda menghafalnya sebelum mengajarkan doa lainnya.

Doa Nabi Yunus:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنتَ ، سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

 Laa ilaaha illa anta. Subhaanaka, innii kuntu minaz zhaalimiin

Tiada Illah melainkan Engkau (ya Allah) Maha Suci Engkau (daripada melakukan aniaya, tolongkanlah daku) Sesungguhnya aku adalah dari orang-orang yang menganiaya diri sendiri”. [QS Al-Anbiya’: 87]

Ada banyak kisah yang bisa diceritakan kepada ananda, doa Nabi Musa as saat hendak berangkat menghadapi Fir’aun [Thaha, 20: 25-28], doa Ashhabul-kahfi saat memasuki ke dalam gua [Al-Kahfi, 18: 10], doa Nabi Ayub as saat sakit [Al-Anbiyaa, 21: 83], doa belajar (memohon ditambahkan ilmu) yang diajarkan ALLAH kepada Nabi Muhammad Saw [Thaha, 20: 114] dan masih banyak lagi. Bukankah 1/3 isi Al-Quran adalah kisah, untuk diambil ibrah dan keteladanan dari kisah-kisah tersebut.

Paparkan kondisi Nabi-Nabi dengan penjelasan sederhana yang mudah difahami oleh ananda. InsyaALLAH dengan mengajarkan doa dan kisah para orang shalih, sangat efektif untuk mengenalkan ananda kepada Rabb-nya: Rabb yang menciptakan, yang memberi rizki, yang menghidupkan dan mematikan, yang mengurusi segala urusan. InsyaALLAH akan membekas dalam jiwa ananda bahwa satu-satunya tempat memohon adalah ALLAH ta’ala.

Oleh : Ummu Umar

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Republik Hoax
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Contoh Saja (Masih) Belum Cukup
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin