Mendidik Anak Dalam Kemuliaan Ramadhan

anak-kecil-shalat

Muslimahzone.com – Ramadhan itu bulan agung, daya tariknya sangat luar biasa, bisa menyadarkan banyak orang dan melarutkan banyak orang dalam kesungguhan dalam ketaatan. Ramadhan Itu bulan istimewa, pedoman hidup manusia berupa al-Quran yang agung diturunkan pada bulan ini, perang Badar yang penuh kemenangan dan keberkahan juga terjadi pada bulan ini. Malam lailatul qodar dimana kebaikannya sebanding dengan seribu bulan juga istimewa di bulan ini. Dan lautan keistimewaan dan kemuliaan lainnya yang tidak bisa kita hitung mengingat betapa agungnya bulan ramadhan dari Dzat yang Maha Agung. Pahala yang berlimpah, balasan kebaikan yang tak terhingga sehingga setiap hamba mampu mendekatkan diri pada Allah tanpa ruang dan waktu.

Tak terkecuali Ramadhan menjadi istimewa bagi pembentukan kepribadian Islam orang tua dan anak. Ramadhan yang langsung menyentuh fithrah manusia ini hendaknya mampu merubah segala keburukan menjadi berlimpah kebaikan dan segala yang tadinya sudah baik dapat lebih ditingkatkan lagi. Saat inilah suasana yang paling istimewa dan kondusif untuk menempa anak-anak dalam pendidikan, melewatinya sama halnya kita kehilangan kesempatan yang berharga.

Bagaimana tidak kondusif, di saat ayah bunda dirasa kondisi keimanan yang sangat siap untuk meraih taqwa, di saat lingkungan menjadi mendadak meramaikan mesjid dan tilawah quran, disaat tontonan mulai melepas sementara hal-hal yang memperlihatkan aurat, pakaian hijab semakin marak, lebih banyak menyiarkan ceramah agama dan hal-hal yang berbau islami lainnya. Disaat kejujuran selalu diingatkan, lisan dan perbutan yang selalu dijaga, himbauan untuk beribadah yang senantiasa menggebu dll, semua itu karena ramadhan. Disaat setiap muslim fokus pada pujian Allah.

Maka karena alasan itu semua Ramadhan menjadi berkah bagi anak-anak kita dalam pendidikan terbaik yang diberikan kepada mereka apapun yang berhubungan dengan ramadhan. Mendidik anak di bulan Ramadhan tidak identik dengan sekedar mengajarkan mereka berpuasa, tilawah quran dan sholat tarawih. Lebih dari itu kesempatan emas untuk membentuk pribadi yang unggul bagi anak-anak yang terbina dengan suasana ruhiyyah ramadhan sebulan lamanya.

Ketahuilah, anak yang hatinya keraspun bisa lembut karena ramadhan, punya empati yang lebih dibanding sebelumnya, selalu ingin meraih ibadah yang terbaik. Katakanlah Musa namanya, ketika sudah tahu esok hari Ramadhan malam harinya sudah siap-siap ke mesjid sebelum azan maghrib hingga ikut tarawih 23 rakaat. Sahur bangun dengan mata terbuka menyantap makanan sahur dengan semangat. Melihat masih ada waktu sebelum subuh dia meneruskan sholatnya, saat ditanya sholat apa nak ? Sholat tahajjud umi. Maasyaa Allah.

Nah yang terpenting agar ananda bisa larut dalam dekapan Ramadhan adalah memberikan motivasi ruhiyyah, berikut tsaqofah tentang Ramadhan. Diawali dengan membacakan khuthbah Rasulullah saw. saat menyambut bulan Ramadhan, berikutnya rukyatul hilal sebagai penentu satu Ramadhan, juga tidak ketinggalan fiqh yang terkait dengan Ramadhan lengkap dengan keutamaan ibadah di dalamnya dan keistimewaan-keistimewaan Ramadhan dibanding bulan lainnya.

Anak dalam dekapan Ramadhan akan menempa pola berpikirnya senantiasa benar, mengendalikan dirinya senantiasa berlisankan kejujuran dan berkata ahsan. Ramadhan juga bisa melatih anak usia 10 tahun berpikir serius bagi dirinya sehingga dia juga serius untuk melayakkan diri sebagai hamba Allah. Juga melatih dirinya untuk bisa mandiri dan disiplin dalam memanfaatkan waktu, kapan waktu sahur, kapan waktu menahan diri dari haus dan lapar, kapan waktu berbuka, kapan waktu tarawih dan kapan waktu tilawah quran juga kapan waktu ananda menambah tsaqofah dan ilmu.

Anak dalam dekapan Ramadhan akan semakin meresapi arti sebuah perjuangan untuk semakin taat pada Allah swt., juga bisa meresapi perjuangan Rasulullah saw. dan para sahabat memenangkan perjuangan di Medan jihad saat perang badar dan meresapi kemenangan-kemenangan penaklukan wilayah lainnya atas pertolongan Allah SWT, seperti pembebasan kota Mekah, perttempuran Ainun jalut pimpinan Mudhofir, pembebasan Andalusia dsb.

Dari pendidikan seperti inilah akan muncul semangat ananda untuk memperjuangkan Islam, menjadi mujahid terdepan yang sungguh-sungguh untuk mengembalikan Islam ke pangkuan kaum muslimin dan bersungguh-sungguh berdakwah menyadarkan umat serta bersama umat menegakkan khilafah Islamiyyah. Ramadhan ini sungguh benar-benar membuat ayah bunda bergiat mendidik anank-anak larut dalam kemuliaan Ramadhan.

Yanti Tanjung, Penulis Buku Parenting ‘Menjadi Ibu Tangguh’

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

tito-karnavian
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
sosmed-dipantau
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
kin-4
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
jokowi-di-iran
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
parfum
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
menyadap
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
fardhukifayah
Level Fardhu Kifayah
menghina ulama
Hukum Menghina Ulama
Rizki-Semut
Rizki di Tangan Allah
Bandul-Kehidupan
Pada Suatu Titik
empty_long_road_at_sunset-wide
Mencari Jalan Pulang
hoax
Republik Hoax
sepatu jodoh
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
istri 2
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
shaum
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
cinta_love
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
tauhid anak
Aku Peduli Iman Anakku
The sleeping boy
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
menghafal-alquran
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
gosok-gigi
Contoh Saja (Masih) Belum Cukup
cyber army 2
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
kamera
Jaga Aurat di Depan Kamera
selfie-muslimah
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
sosmedia
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
kebun anggur
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
bani umayyah
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
isteri taat
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
wahyu alquran
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
air-mentimun
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
popok-bayi
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
nangka
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
minum
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
membaca-buku
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
cara-menyapih-anak
7 Tips Menyapih Anak
daging-kurban
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
menghafal
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
pangsit-kuah
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
resep-kue-ketan-isi-mangga
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
resep-lumpia
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
wedang-bajigur
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin