Memilih Calon Suami (Bagian 1)

memilih calon suami

MuslimahZone.com – Di antara prasyarat dalam rangka membentuk rumah tangga yang harmonis dan keluarga yang bahagia bagi seorang Muslimah adalah dengan cara memilih calon suami yang tepat.

Lalu bagaimana cara memilihnya? Berikut penjelasan dari Ustadz Yahya Abdurrahman yang ditulis dalam bukunya yang berjudul Risalah Khitbah.

Rumah tangga sering diibaratkan bagaikan sebuah bahtera yang berlayar di lautan. Orang yang ikut berlayar dalam bahtera tersebut tentu mempunyai tujuan. Ombak akan siap mengombang-ambingkan bahtera itu kapan pun. Begitu pula badai dapat pula menghampiri tanpa diperkirakan sama sekali.

Maka tatkala seseorang memutuskan untuk ikut naik bahtera itu, pada saat yang sama ia telah percaya sepenuhnya kepada sang nahkoda untuk mengantarkannya sampai ke tujuan. Ia percaya bahwa nahkoda perahu itu telah mempunyai cukup bekal, cukup pengetahuan untuk menahkodai bahteranya. Ia pun percaya bahwa sang nahkoda sudah mengetahui rute perjalanannya. Ia juga percaya bahwa setidaknya  sang nahkoda telah mempelajari apa saja yang dapat menjadi penghalang di lautan nanti, bagaimana menghindari badai, apa yang harus dilakukan tatkala ombak besar menerpa bahtera dan bagaimana mengatasi berbagai masalah yang muncul di perjalanan.

Kalau rumah tangga bagaikan bahtera seperti itu maka ketika akan memutuskan memulai sebuah rumah tangga tentunya siapa pun akan memilih nahkoda yang ia percayai dapat menahkodai bahtera rumah tangganya kelak. Ia akan memilih nahkoda yang tahu apa yang harus diperbuat terhadap bahteranya dan bagaimana mengurusi dan melayani  para penumpangnya.

Nahkoda rumah tangga adalah suami. Oleh karenanya memilih calon suami, calon nahkoda bahtera rumah tangga akan menjadi salah satu penentu kebaikan rumah tangga itu kelak.

Lantas bagaimana dan kriteria apa yang harus kita gunakan untuk dapat memilih calon suami yang baik?

Hadits Rasulullah yang menyatakan seorang wanita dinikahi karena empat hal, yaitu karena kecantikannya, karena hartanya, karena keturunannya dan karena agamanya, lantas Rasulullah berpesan agar kita mengutamakan faktor agama. Hadits ini juga sebenarnya dapat dijadikan pegangan bagi wanita atau walinya untuk memilih calon suami. Dan memang menjadi salah satu tanggung jawab wali untuk mencarikan suami yang shalih bagi wanita yang berada di bawah perwaliannya.

Hanya saja, jika  wali hendak mencarikan calon suami bagi putrinya atau wanita yang ada di bawah perwaliannya, maka hendaklah ia meminta izin terlebih dahulu kepada wanita tersebut. Hal ini penting karena secara syar’i, seorang gadis tidaklah dinikahkan kecuali setelah diminta izinnya, sementara seorang janda lebih berhak terhadap dirinya. Akan lebih baik jika pada saat itu wali sekaligus menanyakan pula kriteria yang dikehendaki oleh si wanita dan mendiskusikannya. Tujuannya agar proses selanjutnya membawa kebaikan.

Perlu juga diperhatikan bahwa sekalipun wanita tersebut sudah mengizinkan walinya untuk mencarikan calon suami baginya, bukan berarti bahwa calon suami yang dipilih oleh wali pasti sesuai dengan keinginan si wanita. Izin itu semata izin untuk dicarikan calon suami. Sementara keputusannya secara syar’i tetap dikembalikan kepada si wanita. Untuk itu wanita tersebut harus diberi kesempatan untuk mengetahui siapa calon suami yang dipilihkan untuknya. Ia diberikan kesempatan untuk mengetahui lebih jauh tentang calon suaminya. Lalu setelah itu jika ia ridha dan menerima calon suami itu maka dapat dilanjutkan ke proses yang lebih jauh. Jika ternyata ia tidak ridha, maka cukuplah sampai disitu dan perlu diakhiri secara baik-baik.

Seseorang pernah bertanya kepada al Hasan bin Ali bin Abi Thalib. Laki-laki tersebut berkata: “Aku mempunyai anak gadis. Beberapa orang telah meminang putriku, lalu dengan siapakah aku nikahkan putriku itu? Mendengar pertanyaan ini, al Hasan ra. menjawab: “nikahkanlah putrimu itu dengan orang yang (paling) bertakwa kepada Allah, jika ia mencintainya maka ia akan menghormati putrimu, dan jika ia marah kepada putrimu maka ia tidak akan mendzaliminya.” (Al Ghazali, Ihya Ulumu al Din, 2/41). (bersambung)

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

mendidik-anak
“Untuk Mendidik Seorang Anak, Butuh Orang Sekampung”
bahaya-smartphone
Waspadai Masalah Kesehatan Akibat Ketergantungan Smartphone!
aksi-bela-islam
Kronologi Kejadian Aksi Bela Islam II pada 4 Nov 2016 Resmi dari GNPF MUI
irena-handono
Terkait Penistaan Al-Qur’an, Umi Hj. Irena Handono Menulis Surat Terbuka Untuk Presiden dan Kapolri
israel-kebakaran
Kebakaran di Israel dan Tafsir Surat Al-Fajr
arisan
Hukum Arisan Dalam Islam
memukul
Kebolehan Memukul Istri dan Anak Sebagai Ta’dib
pasar-islam
Mal dan Fasilitas Dagang dalam Islam
pertolongan-allah
Pertolongan Allah Kepada yang Menolong Agamanya
cairo
Suara Hati dari Cairo
lidi-umat
Ketika Lidi Umat Bersatu…
mencintai-allah
Ya Allah Aku Mencintai-Mu, Walaupun Aku Bermaksiat Kepada-Mu…
nasehat-pasutri
Nasehat Pasutri Agar Kokoh Perkawinan
bunga-layu
Mengingkari Kebaikan Suami, Salah Satu Penyebab Terbanyak Wanita Masuk Neraka
keluarga-islami-2
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan (Part 2)
keluarga-sakinah
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan
anak-lucu
Kebutuhan Memahami Anak Usia Dini
mencium-bayi
Ini Alasan Sebaiknya Tidak Mencium Bibir Anak
kejujuran-anak
Mengokohkan Kejujuran Dalam Diri Anak
anak-laki-laki
Membangun Karakter Anak Laki-Laki
kamera
Jaga Aurat di Depan Kamera
selfie-muslimah
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
sosmedia
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
alay
Era Gadget Ciptakan Generasi Alay, Generasi Lalai
arrayah-212
Kisah Ar Rayah di Aksi Damai 212
salat-jumat-212-diguyur-hujan
Semerbak Harum Saat Hujan Turun Dalam Aksi 212
sepatu
Karena Ukuran Kita Tak Sama
muslim-ummah
Ilmu Sanad, Hanya Dimiliki Umat Islam
mandi-malam
Manfaat dan Resiko Mandi di Malam Hari
profil-muhaimin-iqbal
The Age of Deception
obesitas
Apa yang Menjadi Penyebab Obesitas?
kentut
Sering Kentut, Ini Penyebab, Diagnosa dan Pencegahannya
cara-menyapih-anak
7 Tips Menyapih Anak
daging-kurban
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
menghafal
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
menghafal alquran
Cara Cepat Menghapal Al Quran Dengan 15 Menit
resep-kue-ketan-isi-mangga
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
resep-lumpia
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
wedang-bajigur
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin
klepon
Klepon Yummy