Masyaa Allah, Banyak Sekali Manfaat Alpukat

manfaat-alpukat-untuk-anak

MuslimahZone.com – Siapa yang tidak mengenal alpukat? Buah berkulit hijau tua ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Alpukat berasal dari Meksiko, Guam, dan Amerika Tengah, dan telah dibudidaya sejak zaman dahulu. Buah berdaging tebal ini banyak dikonsumsi sebagai makanan diet komplit untuk bayi karena mengandung lebih dari 25 nutrisi penting termasuk vitamin (A,B,C, E dan K) juga senyawa seperti zat besi dan fosfor.

Selain itu, alpukat juga mengandung protein esensial dan serat yang dibutuhkan tubuh kita sehari-hari. Namun, kita harus berhati-hati juga untuk tidak berlebihan dalam menkonsumsi alpukat karena ia mengandung banyak kalori yang dapat menambah berat badan kita tanpa disadari.

Ingin tahu lebih jauh manfaat alpukat, berikut ulasannya yang diambil dari laman sehatcantiknatural.com :

  1. Mencegah Prostat, Kanker Payudara, dan Oral

Penelitian telah mengemukakan hasil bahwa alpukat dapat membantu mencegah perkembangan kanker payudara karena didalam alpukat terdapat kandungan senyawa minyak asamnya. Tak hanya itu, alpukat juga masih banyak mengandung senyawa yang bermanfaat lainnya sehingga sangat efektif untuk menghancurkan sel-sel kanker oral tanpa harus melakukan tindakan medis yang membahayakan nyawa. Alpukat juga dikenal khasiatnya untuk menghambat pertumbuhan kanker prostat.

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat lain dari alpukat adalah untuk menjaga kesehatan mata. Adanya kandungan luetin di dalam alpukat dapat mencegah setiap gangguan pada mata serta dapat memberi perlindungan untuk mencegah mata katarak.

  1. Mengatur kadar kolestrol dalam darah

Alpukat membantu mengatur kadar kolesterol darah karena adanya kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Hal ini terbukti dari berkurangnya jumlah kolesterol serta tingkat fosfolipid sekitar 20% apabila di konsumsi setiap hari.

  1. Kesehatan Hati dan Jantung

Alpukat sangat membantu mempertahankan kesehatan hati. Kandungan folat dalam alpukat sangatlah penting untuk membebaskan diri dari penyakit jantung. Satu cangkir jus alpukat sudah dapat menjaga kestabilan tubuh Anda 23% dari kebutuhan folat dalam sehari. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan glutathione. Vitamin E dalam alpukat juga sangat bermanfaat bagi kesehatan hati manusia. Dalam beberapa kasus, alpukat juga dapat dijadikan makanan yang ideal untuk mencegah stroke.

  1. Menyerap Nutrisi Lebih Baik

Alpukat sangat efektif dalam meningkatkan proses penyerapan nutrisi tertentu ditambah lagi dengan manfaatnya untuk memperbaiki sistem pencernaan manusia. Selain itu juga dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga berat badan.

  1. Sumber Gltathione

Alpukat adalah sumber yang kaya akan glutathione, dan antioksidan yang penting dalam mencegah penuaan, kanker, dan gangguan kesehatan pada jantung. Selain itu, kandungan vitamin E dapat menjaga berbagai macam masalah kesehatan.

  1. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin A dalam alpukat dapat membantu membersihkan setiap sel-sel kulit yang mati. Asam amino glutamin juga berguna untuk memberi perlindungan yang cukup dari beberapa efek buruk akibat faktor lingkungan.

  1. Mengurangi dan Mencegah Kulit Keriput

Antioksidan dalam buah alpukat mendetoksifikasi tubuh Anda agar mengeluarkan semua racun atau toksin yang cenderung membuat kulit Anda menjadi keriput atau kering saat usia dini. Hal ini juga dapat membantu menghilangkan kerutan pada kulit dan membuatnya lebih bercahaya.

  1. Menyehatkan Kulit

Kulit bersinar dan sehat secara alami adalah manfaat utama yang diberikan dari vitamin A & E dalam jus alpukat. Para ahli medis dan perawat kulit merekomendasikan kita untuk mengkonsumsi jus alpukat untuk mengatasi kulit kusam dan merubahnya menjadi berkilau (bersih). Jus alpukat juga bisa dibilang sebagai obat alami yang bagus untuk mengatasi kulit kering.

  1. Mengatasi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Jus alpukat juga memberi keuntungan pada pasien yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Cobalah untuk menjadikan jus alpukat sebagai menu diet rutin Anda.

  1. Memberikan Nutrisi

Sama seperti buah atau daging, jus alpukat juga memiliki berbagai zat gizi tinggi. Satu gelas jus alpukat dapat menutrisi tubuh Anda dengan sebelas vitamin yang berbeda dan empat belas mineral penting termasuk potasium, zat besi, fosfor, dan masih banyak lagi.

  1. Meremajakan Kulit Kepala

Jika kita membicarakan secara khusus akan manfaat alpukat untuk rambut, minyak alpukat yang berasal dari biji alpukat, juga dapat membantu meremajakan dan melembabkan kulit kepala. Salah satunya adalah untuk merevitalisasi rambut kering, rusak, dan tidak bernyawa sehingga rambut tampak berkilau dan terjaga kesehatannya. Selain itu, minyak alpukat juga menjadi sumber protein, asam amino, dan vitamin yang banyak.

  1. Melembabkan Kulit

Produk perawatan kulit yang mengandung minyak alpukat sangat baik untuk mengatasi kulit kering dan membuatnya indah, serta dapat mempertahankan kelembaban kulit yang kering. Ini merupakan salah satu manfaat minyak alpukat untuk memelihara kulit dari dalam ke luar.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Kulit

Banyak ahli kecantikan dan perawatan kulit yang merekomendasikan penggunaan minyak alpukat untuk wajah setiap hari agar menjaga tingkat kelembaban dan membuat wajah terlihat bercahaya sepanjang hari. Selain itu, vitamin E dalam alpukat juga membantu kita meningkatkan sistem kekebalan kulit terhadap stress dan bahaya lingkungan lainnya.

  1. Memelihara Kulit

Minyak alpukat sangat mudah diserap sehingga dengan begitu secara otomatis akan menembus jauh ke dalam kulit Anda. Hal ini dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel baru dan juga membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh dan kulit.

  1. Sunscreen

Minyak alpukat adalah tabir surya alami yang membuat kulit terjaga dari sinar UV yang berbahaya untuk kesehatan kulit.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa alpukat dapat membantu meningkatkan kemampuan sel untuk menangkal radikal bebas. Penelitian ini dilakukan pada ragi yang terkena radikal bebas, lalu diolesi dengan minyak alpukat dan alhasil para ahli medis percaya bahwa manfaat dari minyak alpukat juga berlaku untuk sel manusia.

  1. Baik untuk hati

Diperkaya dengan sifat antioksidan yang bagus, minyak alpukat adalah bahan alami yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan hati. Tidak seperti minyak lainnya yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dengan cara meningkatkan kadar kolesterol darah, tetapi minyak alpukat justru bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol darah dalam tubuh. Hal ini terjadi karena adanya lemak tak jenuh tunggal yang membantu menetralisir kolesterol jahat dalam darah dan juga menjaga dari gangguan kardiovaskular.

  1. Masker Rambut

Alpukat dapat dijadikan masker rambut dengan cara mengkombinasikan dengan kuning telur, minyak zaitun, dan yoghurt. Semua bahan tersebut dapat memelihara rambut, melembabkan kulit kepala, meremajakan kulit kepala, dan juga direvitalisasi.

  1. Body Butter, berikut ini cara membuatnya

Ambil satu buah alpukat lalu kupas kulitnya dan masukkan kedalam mangkuk kecil. Lalu gunakan untuk mengolesi ke kulit Anda yang kasar seperti lutut, tumit, dan siku. Biarkan selama setengah jam lalu dibilas dengan air dingin.

  1. Membersihkan wajah, berikut cara membuatnya.

Pertama-tama kocok telur sampai berbusa dan tambahkan susu bubuk dan tumbukan daging buah alpukat. Lalu aduk sampai menjadi seperti lotion. Gunakan lotion ini untuk membersihkan wajah Anda secara teratur. Manfaatnya adalah untuk menghilangkan toksin atau racun berbahaya yang menempel di kulit wajah Anda sehingga membuat wajah terlihat lebih muda dan berseri.

  1. Scrub Tangan

Dengan mengkombinasikan alpukat bersama dengan lemon (agar wangi) dan oat yang membantu proses penyerapan agar lebih cepat dan mudah minyak alpukat dapat dimanfaatkan untuk membuat kulit tangan halus dan lembut.

Cara membuatnya adalah dengan mengambil beberapa buah alpukat, tumbuk di dalam mangkuk, tambahkan putih telur dan gandum. Peras jeruk nipis sampai keluar airnya, lalu masukkan kedalam mangkuk tadi. Aduk sampai rata, kemudian oleskan ke tangan secara menyeluruh sambil dipijat-pijat. Biarkan selama 20 – 25 menit, lalu cuci dengan air hangat untuk membersihkannya.

  1. Masker Kulit (pelembab kulit)

Minyak alpukat juga bisa dijadikan sebagai masker kulit alami dengan mengkombinasikan beberapa bahan alami seperti lemon, putih telur, dan kulit alpukat. Lemon memberikan astringent alami dan mengontrol produksi minyak oleh kulit, sedangkan telur putih dapat memberikan efek cerah dan memelihara kulit dengan kandungan proteinnya. Minyak alpukatnya berfungsi untuk menyeimbangkan semua campuran.

Untuk membuat masker kulit, siapkan buah alpukat, putih telur, jus lemon. Blender semuanya sampai berbentuk seperti pasta/lotion. Gunakan sebagai masker ke kulit Anda, biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

  1. Masker Mata (pelembab mata)

Alpukat juga dapat dijadikan sebagai masker pelembab mata, sehingga dapat mengatasi dehidrasi dan iritasi pada mata. Cara membuatnya tidaklah rumit, siapkan minyak alpukat lalu kombinasikan dengan gel lidah buaya. Aduk merata dan gunakan sebagai masker pada mata dengan cara mengoleskannya secara merata di bagian kulit luar mata (bukan menutupi mata). Biarkan selama 10 menit lalu hilangkan dengan cara menghapusnya menggunakan kain lembut dan air hangat.

Demikian manfaat yang terkandung dalam alpukat. Masyaa Allah, benar-benar luar biasa karunia Allah ta’ala bagi manusia. Dari satu buah ini saja kita banyak mendapatkan manfaat, belum lagi buah lainnya yang ada di alam semesta. Maka nikmat apa lagi yang bisa kita dustakan?

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

mendidik-anak
“Untuk Mendidik Seorang Anak, Butuh Orang Sekampung”
bahaya-smartphone
Waspadai Masalah Kesehatan Akibat Ketergantungan Smartphone!
aksi-bela-islam
Kronologi Kejadian Aksi Bela Islam II pada 4 Nov 2016 Resmi dari GNPF MUI
irena-handono
Terkait Penistaan Al-Qur’an, Umi Hj. Irena Handono Menulis Surat Terbuka Untuk Presiden dan Kapolri
israel-kebakaran
Kebakaran di Israel dan Tafsir Surat Al-Fajr
arisan
Hukum Arisan Dalam Islam
memukul
Kebolehan Memukul Istri dan Anak Sebagai Ta’dib
pasar-islam
Mal dan Fasilitas Dagang dalam Islam
mencintai-allah
Ya Allah Aku Mencintai-Mu, Walaupun Aku Bermaksiat Kepada-Mu…
kebakaran-israel
Hikmah Dibalik Kebakaran Dahsyat di Israel
memuji
Bolehkah Memuji Seseorang?
firaun
Azab Bagi Mereka yang Meniru Perilaku Fir’aun
nasehat-pasutri
Nasehat Pasutri Agar Kokoh Perkawinan
bunga-layu
Mengingkari Kebaikan Suami, Salah Satu Penyebab Terbanyak Wanita Masuk Neraka
keluarga-islami-2
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan (Part 2)
keluarga-sakinah
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan
anak-lucu
Kebutuhan Memahami Anak Usia Dini
mencium-bayi
Ini Alasan Sebaiknya Tidak Mencium Bibir Anak
kejujuran-anak
Mengokohkan Kejujuran Dalam Diri Anak
anak-laki-laki
Membangun Karakter Anak Laki-Laki
kamera
Jaga Aurat di Depan Kamera
selfie-muslimah
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
sosmedia
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
alay
Era Gadget Ciptakan Generasi Alay, Generasi Lalai
sepatu
Karena Ukuran Kita Tak Sama
muslim-ummah
Ilmu Sanad, Hanya Dimiliki Umat Islam
fetih1453_15
Shalat Jum’at di Jalanan Bid’ah ? Mari Tengok Sejarah !!
cosmos-chocolate
Wanita dengan Kataatan Seharum Parfum
profil-muhaimin-iqbal
The Age of Deception
obesitas
Apa yang Menjadi Penyebab Obesitas?
kentut
Sering Kentut, Ini Penyebab, Diagnosa dan Pencegahannya
perut-keroncongan
Perut Keroncongan Belum Tentu Karena Lapar
cara-menyapih-anak
7 Tips Menyapih Anak
daging-kurban
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
menghafal
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
menghafal alquran
Cara Cepat Menghapal Al Quran Dengan 15 Menit
resep-kue-ketan-isi-mangga
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
resep-lumpia
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
wedang-bajigur
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin
klepon
Klepon Yummy