Masjid Ramah Wanita, Kabar Gembira Bagi Muslimah Turki

Istanbul, MuslimahZone.com – Dalam rangka memenuhi kebutuhan Perempuan Muslim, semakin banyak masjid di seluruh dunia akan menawarkan bentuk masjid yang ” ramah perempuan” dengan lebih banyak ruang bagi perempuan dan adanya keterlibatan mereka di tempat-tempat ibadah.

“Kami mulai mempertanyakan mengapa kita tidak melayani kebutuhan perempuan dan tidak menciptakan arsitektur untuk memenuhi kebutuhan laki-laki dan perempuan,” Fiyaz Mughal, pendiri dan direktur organisasi berbasis nirlaba, Faith Matters di Inggris, mengatakan kepada Anadolu Agency, Minggu (16/11).

“Sekarang, perubahan telah terjadi selama 10 tahun terakhir dan benar-benar mulai menunjukkan dirinya hari ini.” Mughal menyuarakan permintaan dari jutaan perempuan Muslim yang selama ini telah menyerukan aksesibilitas lebih ke masjid.

Hatice Eser, seorang mahasiswa Turki 21 tahun memiliki permintaan serupa. “Saya menghabiskan sebagian besar waktu luang saya di luar rumah, yang berarti saya butuh ruang untuk beribadah,” kata Eser.

“Kami sudah memiliki sejumlah masjid, tapi fasilitas tidak memuaskan,” lanjutnya.

Untuk Eser dan wanita Muslim lainnya, impian adanya masjid ramah wanita akan segera terwujud dengan pembangunan Masjid Çamlica Istanbul yang akan mendedikasikan ruang besar untuk wanita dengan berbagai layanan.

Dalam bidang yang selama ini didominasi oleh laki-laki, kini beberapa perempuan Turki mulai terlibat dalam merancang masjid di negara mayoritas Muslim.

Dengan anggaran sebesar $ 66.500.000, Masjid Çamlica sedang dirancang oleh dua arsitek perempuan, Bahar Mızrak dan Hayriye Gül Totu.

Direncanakan untuk menjadi yang terbesar di Turki, masjid ini akan dibangun di 30.000 meter persegi di distrik Üsküdar Istanbul.

Gedung baru akan mencapai “diskriminasi positif bagi perempuan,” kata Metin Külünk, insinyur konstruksi dan presiden yayasan masjid.

“Dengan tempat terpisah bagi perempuan untuk melakukan wudhu dan lift membawa mereka ke tempat di mana mereka bisa shalat, wanita juga akan dapat menggunakan ruang perawatan anak yang nyaman,” tambah Külünk.

Ada pula sebuah tempat khusus bagi penyandang cacat, sebuah platform di mana pengunjung dapat beribadah khusyuk, sebuah galeri seni Islam dan museum, perpustakaan dan parkir mobil untuk 3.500 kendaraan juga akan tersedia dalam masjid.

Menyoroti pentingnya masjid yang ramah perempuan, Mughal dan rekan-rekannya menyiapkan 100 direktori yang paling ‘ramah perempuan’ dari masjid di Inggris.

“Hal ini dimulai untuk menunjukkan contoh yang baik dalam kaitannya dengan keterlibatan perempuan dalam masjid,” kata Mughal, merujuk ke direktori.

Setelah sukses, ide masjid yang ramah perempuan juga telah diadaptasi oleh negara-negara lain. Diantaranya sebuah masjid wanita-anak, dengan kombinasi arsitektur Islam Ottoman dan tradisi lokal Denmark dan Skandinavia, yang direncanakan dibangun di kota Aarhus Denmark.

Pembangunan akan dimulai pada tahun 2016 jika pemerintah daerah setempat setuju pada “lokasi yang layak untuk membangun masjid,” kata Metin Aydin, arsitek masjid asal Turki.

Sekitar 99 persen dari populasi Turki adalah Muslim, yang sebagian besar adalah Sunni. Turki memiliki ribuan masjid, yang paling terkenal di antaranya adalah Masjid Biru, yang ditandai dengan ubin biru menghiasi dinding interiornya.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin