Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh si Kecil

MuslimahZone.com – Jenis makanan yang dikonsumsi si kecil akan berdampak secara langsung pada pertumbuhan mereka. Asupan nutrisi yang cukup, berimbang, dan lengkap seperti dalam konsep empat sehat lima sempurna, dapat memastikan pertumbuhan mereka secara optimal sehingga dapat mendukung perkembangan sosialnya.

Tahukah ayah bunda bahwa makanan yang dikonsumsi si kecil akan berdampak pula pada sistem imunitas mereka? Jenis makanan bergizi mampu menjadikan sistem kekebalan tubuh si kecil berada pada konsisi puncak sehingga mampu menangkal serangan penyakit dari luar. Diantara berbagai jenis makanan sehat, ada beberapa makanan yang menurut para ahli mampu menjaga bahkan meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

Jenis makanan tersebut ideal dikonsumsi sehari-hari terutama saat si kecil sedang dalam masa pemulihan setelah sakit, atau di saat musim flu. Berikut adalah jenis makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh balita ayah bunda.

Lima jenis makanan untuk kekebalan tubuh si kecil

  1. Yogurt. Makanan olahan susu dengan rasa yang segar ini mengandung bakteri ‘baik’ yang dikenal dengan sebutan probiotik. Mengkonsumsi yogurt secara teratur terbukti dapat meningkatkan efektifitas pencernaan dan membantu memerangi bakteri ‘jahat’ dalam sistem pencernaan. Hasil penelitian menunjukan anak-anak yang terbiasa mengkonsumsi minuman ini terbukti lebih tahan terhadap serangan penyakit flu, infeksi telinga, dan infeksi saluran pernafasan.
  2. Kefir. Menurut situs Wikipedia, kefir adalah minuman susu fermentasi sejenis yogurt tapi berbentuk lebih cair. Biasanya kefir dibuat dari susu sapi atau kambing yang difermentasi menggunakan beberapa jenis bakteri dari kelompok Lactobacillus. Seperti halnya yogurt, kandungan bakteri ‘baik’ dalam kefir mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari beragam serangan bakteri ‘jahat’.
  3. Walnut. Kacang walnut diketahui kaya dengan asam lemak Omega-3 yang menyehatkan. Para peneliti percaya bahwa kandungan Omega-3 dalam walnut mampu meningkatkan imunitas si kecil terhadap serangan penyakit. Hasil sebuah penelitian mengatakan bahwa, konsumsi walnut dapat menurunkan resiko terkena penyakit infeksi saluran pernafasan pada anak-anak.
  4. Buah dan sayuran. Kandungan zat fitonutrien dalam sayuran dan buah-buahan dipercaya dapat menangkal sumber penyakit termasuk radikal bebas pada si kecil. Pakar kesehatan anak merekomendasikan si kecil untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar setiap hari agar tetap sehat. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam beberapa jenis buah dan sayuran seperti jeruk, stroberi, brokoli, dan kentang manis mampu mengurangi resiko terkena penyakit flu pada anak-anak.
  5. Daging rendah lemak. Selain bagus untuk pertumbuhan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Daging sapi, ikan, dan ayam tanpa lemak juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Daging-daging sehat tersebut banyak mengandung unsur zinc (seng) yang dibutuhkan sel darah putih untuk memerangi sumber penyakit dari luar.

Tips untuk meningkatkan kekebalan tubuh melalui makanan

Untuk menjaga daya imunitas si kecil, pastikan ayah bunda memberikan jenis makanan yang beragam. Berikan sumber nutrisi yang mengandung protein, karbonidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Kombinasikan dengan lima jenis makanan diatas untuk hasil yang lebih maksimal.

Berikan makanan yang cukup, bukan berlebih. Makanan bukanlah obat tetapi nutrisi yang membantu tubuh si kecil bekerja secara optimal termasuk sistem pertahanan tubunnya. Ketika tubuh si kecil sudah mendapatkan vitamin dan mineral diperlukannya, sisa konsumsi berlebih akan dibuang keluar tubuh.

Sumber: balitapedia.com

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin