Larangan Penggunaan Hijab Makin Ketat di Rusia

rusiian.muslim

Rusia, MuslimahZone.com – Universitas Kedokteran Rusia Pigorov baru memberlakukan larangan penggunaan pakaian keagamaan bagi mahasiswanya. Sebelumnya, larangan serupa juga diberlakukan di beberapa universitas Rusia.

Dalam beberapa tahun terakhir, isu larangan penggunaan hijab menjadi topik perdebatan panas di Eropa. Kini, masalah tersebut juga harus dihadapi oleh lembaga- lembaga pendidikan Rusia. Diskusi mengenai penggunaan hijab di lembaga pendidikan Rusia mulai memanas setelah pada awal September ini Universitas Kedokteran Rusia Pigorov melarang mahasiswanya mengenakan pakaian keagamaan dan daerah.

Alasan pemberlakuan larangan penggunaan pakaian keagamaan dan daerah di Universitas Kedokteran Rusia Pigorov masih dipertanyakan. Para petinggi universitas tersebut tidak dapat memberikan komentar karena mereka mengaku sedang sangat sibuk. Perintah yang masih mengambang itu diterbitkan pada Rabu (9/9) lalu, dengan alasan larangan itu harus dilaksanakan untuk “menyempurnakan etika universitas”.

Penentuan kode etik berpakaian di lembaga-lembaga pendidikan Rusia memang tidak melanggar hukum Rusia di bidang pendidikan, namun tindakan normatif internal universitas seperti itu harusnya ditetapkan dengan memperhitungkan pendapat para pelajarnya.

Direktur Pusat Analisa dan Informasi Sova Aleksander Verkhovskiy menerangkan bahwa alasan utama pemberlakuan larangan tersebut adalah keinginan untuk mewujudkan unifikasi di kalangan mahasiswa. “Tidak jelas lagi apa yang seharusnya mahasiswi muslim perbuat. Siapa yang menentukan penutup kepala seperti apa yang merupakan hijab dan mana yang bukan?Penutup kepala para muslimah memiliki bentuk yang beragam, dan perempuan non-muslim juga demikian. Sangat sulit membuat batasan hal yang dimaksud, sehingga itu dapat menyebabkan kesewenang-wenangan. Jadi, apakah para perempuan muslim ataupun Kristen Ortodoks yang memakai penutup kepala mengikuti kepercayaan agama mereka tidak memiliki hak untuk belajar di perguruan tinggi Rusia?” kata Verkhovskiy.

Wakil Ketua Organisasi Central Spiritual Muslim Board of Russia Damir Mukhetdinov menjelaskan bahwa anak perempuan di bawah umur diizinkan untuk tidak memakai hijab. Namun, saat mereka mengalami akil balig, Islam mengharuskan mereka memakai hijab agar mereka terhindar dari perbuatan tercela di hadapan Tuhan dan masyarakat. Para mahasiswi muslim berniat melanjutkan perjuangan mereka untuk menganulir larangan pemakaian hijab di universitas Rusia. “Kami akan terus mempertahankan hak kami, sama seperti yang kami lakukan saat membela hak memakai penutup kepala menurut agama kami, termasuk hijab, di foto resmi identitas diri,” ungkap Damir Mukhetdinov. Damir menambahkan, jika larangan memakai hijab diberlakukan, maka hal tersebut juga harus diberlakukan bagi pemakaian kalung salib, yarmulke (penutup kepala pria Yahudi), dan simbol agama lain. “Jika pemerintah memberlakukan larangan pada satu agama, maka mereka juga harus memberlakukannya pada semua agama,” tegas Damir.

Ini bukan percobaan pertama yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Rusia untuk menempatkan agama di ‘luar dinding’ mereka. Kejadian pertama terjadi di sebuah sekolah di Stavropolskiy Kray. Para guru di sekolah tersebut dilarang memberi pelajaran pada siswa yang memakai hijab. Orangtua murid lantas mengajukan perkara itu ke pengadilan, dengan dasar bahwa tindakan kepala sekolah tersebut telah melanggar Konstitusi Rusia yang menjamin kebebasan beragama bagi warganya. Kasus tersebut akhirnya sampai ke Mahkamah Agung Rusia, dan MA memutuskan bahwa larangan pemakaian hijab di sekolah tidak melanggar hukum yang berlaku. Mahkamah Agung pun menyarankan murid yang dilarang masuk ke sekolah itu mengikuti sistem belajar terbuka (sistem belajar-mengajar yang tidak mengharuskan adanya pertemuan secara fisik), atau pindah ke madrasah. Tahun ini, larangan penggunaan hijab bagi para murid perempuan sudah diberlakukan di salah satu region sentral Rusia.

Pada musim gugur 2013, penggunaan hijab dilarang di Universitas Negeri Ekonomi, Statistika, dan Informatika Moskow. Saat itu pemimpin tertinggi universitas mengambil keputusan tersebut untuk menjamin keamanan para pelajarnya. Tak lama kemudian, tindakan serupa juga diambil oleh beberapa universitas negeri di Volgograd, Astrakhansk, dan Rostov. Bahkan, di Universitas Negeri Mordovia Ogarev pernah terjadi insiden pengusiran mahasiswi berhijab dari jam kuliah. Wakil Ketua Organisasi Central Spiritual Muslim Board of Russia menegaskan bahwa hal utama dari situasi saat ini adalah pencarian kesepakatan bersama. “Bila tidak, maka masalah akan terus berkembang, sedangkan jumlah pemeluk agama Islam di Rusia terus bertambah. Semakin cepat kita menemukan solusi untuk hidup berdampingan, semakin cepat kita mengerti bahwa dunia ini beragam, dan itu semakin baik bagi kita semua,” ujar Damir.

(fauziya/muslimdaily/muslimahzone.com)

Leave a Reply

mendidik-anak
“Untuk Mendidik Seorang Anak, Butuh Orang Sekampung”
bahaya-smartphone
Waspadai Masalah Kesehatan Akibat Ketergantungan Smartphone!
aksi-bela-islam
Kronologi Kejadian Aksi Bela Islam II pada 4 Nov 2016 Resmi dari GNPF MUI
irena-handono
Terkait Penistaan Al-Qur’an, Umi Hj. Irena Handono Menulis Surat Terbuka Untuk Presiden dan Kapolri
israel-kebakaran
Kebakaran di Israel dan Tafsir Surat Al-Fajr
arisan
Hukum Arisan Dalam Islam
memukul
Kebolehan Memukul Istri dan Anak Sebagai Ta’dib
pasar-islam
Mal dan Fasilitas Dagang dalam Islam
lidi-umat
Ketika Lidi Umat Bersatu…
mencintai-allah
Ya Allah Aku Mencintai-Mu, Walaupun Aku Bermaksiat Kepada-Mu…
kebakaran-israel
Hikmah Dibalik Kebakaran Dahsyat di Israel
memuji
Bolehkah Memuji Seseorang?
nasehat-pasutri
Nasehat Pasutri Agar Kokoh Perkawinan
bunga-layu
Mengingkari Kebaikan Suami, Salah Satu Penyebab Terbanyak Wanita Masuk Neraka
keluarga-islami-2
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan (Part 2)
keluarga-sakinah
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan
anak-lucu
Kebutuhan Memahami Anak Usia Dini
mencium-bayi
Ini Alasan Sebaiknya Tidak Mencium Bibir Anak
kejujuran-anak
Mengokohkan Kejujuran Dalam Diri Anak
anak-laki-laki
Membangun Karakter Anak Laki-Laki
kamera
Jaga Aurat di Depan Kamera
selfie-muslimah
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
sosmedia
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
alay
Era Gadget Ciptakan Generasi Alay, Generasi Lalai
salat-jumat-212-diguyur-hujan
Semerbak Harum Saat Hujan Turun Dalam Aksi 212
sepatu
Karena Ukuran Kita Tak Sama
muslim-ummah
Ilmu Sanad, Hanya Dimiliki Umat Islam
fetih1453_15
Shalat Jum’at di Jalanan Bid’ah ? Mari Tengok Sejarah !!
mandi-malam
Manfaat dan Resiko Mandi di Malam Hari
profil-muhaimin-iqbal
The Age of Deception
obesitas
Apa yang Menjadi Penyebab Obesitas?
kentut
Sering Kentut, Ini Penyebab, Diagnosa dan Pencegahannya
cara-menyapih-anak
7 Tips Menyapih Anak
daging-kurban
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
menghafal
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
menghafal alquran
Cara Cepat Menghapal Al Quran Dengan 15 Menit
resep-kue-ketan-isi-mangga
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
resep-lumpia
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
wedang-bajigur
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin
klepon
Klepon Yummy