Kumpulan Nasehat Berharga Rasulullah untuk Aisyah Tercinta

flower-sky

MuslimahZone.com – Aisyah binti Abu Bakar r.a adalah salah satu istri Rasulullah SAW yang terkenal cerdas dan lincah. Bahkan, beberapa riwayat mencatat, Aisyah r.a adalah istri yang paling dicintai Rasulullah SAW setelah Khadijah binti Khuwailid.

Aisyah menikah dengan Rasulullah pada usia 6 tahun dan mulai tinggal serumah dengannya pada usia 9 tahun. Aisyah sempat merasakan hidup dan berumahtangga bersama Rasulullah selama kurang lebih 9 tahun karena ketika Aisyah berumur 18 tahun, Rasulullah dipanggil menghadap Allah SWT. Selama rentang waktu 9 tahun tersebut, Aisyah banyak menimba ilmu-ilmu syar’i langsung dari sumbernya.

Aisyah yang kritis, selalu bertanya kepada Rasulullah tentang perkara yang tidak dipahaminya. Dalam usia yang masih belia ini, pertanyaan-pertanyaan kritis Aisyah menjadi sumbangsih besar bagi perkembangan ilmu Fiqih dan syariat saat ini. Kamar Aisyah juga langsung bersebelahan dengan masjid nabawi tempat Rasulullah memberikan ceramah kepada para sahabat. Sehingga, Aisyah terbiasa menyimak setiap perkataan Rasulullah langsung dari kamarnya.

Rasulullah mendidik Aisyah dengan penuh cinta, kesungguhan dan niat yang tulus untuk mempersiapkan Aisyah menjadi Ummul Mukminin yang menguasai berbagai ilmu syar’i. Rasulullah juga memberikan pemahaman dan arahan yang baik bagi Aisyah untuk bertindak dan berperilaku sebagai Ummul Mukminin.

Berikut ini adalah beberapa nasehat inti yang diberikan Rasulullah untuk Aisyah. Dengan mempelajarinya, kita bisa mengambil hikmah dan meneladani akhlaq serta keilmuan Ummul Mukminin Aisyah r.a.

  1. Ibadah Haji Adalah Jihadnya Para Wanita

Suatu ketika, dalam sebuah riwayat, Aisyah bersikeras ingin menemani Rasulullah berjihad. Ia meminta kepada Rasul untuk diajak ikut serta jihad bersama beliau. Akan tetapi, Rasulullah menolak untuk mengajak Aisyah. Lantas Aisyah bertanya apakah jihad tidak diperbolehkan bagi wanita. Rasulullah menjawab “Jihad mereka adalah haji” (Sahih Bukhari, Bab Hajj Annisa No. 1861)

 

  1. Anjuran Untuk Bersedekah Kepada Tetangga Terdekat

Suatu hari, Aisyah berniat memberi sedekah kepada salah satu tetangganya. Akan tetapi, Aisyah bingung untuk menentukan tetangga mana yang lebih berhak terhadap sedekahnya. Ia pun mengadukan hal ini kepada Rasululah. Dengan lembut Rasulullah menjawab pertanyaan Aisyah “Kepada tetangga yang paling dekat pintunya dengan rumahmu,” (Sahih Bukhari, Kitab Assyuf’ah No. 2259)

  1. Mencintai Perjumpaan Dengan Allah

Ketika sedang bercengkrama dengan Aisyah, Rasulullah bersabda “Seorang Mukmin jika diberi kabar gembira oleh Allah tentang rahmat, ridho serta surgaNya, akan sangat senang berjumpa dengan Allah.” (Sahih Bukhari, Kitab Arraqaq No 6507)

  1. Memiliki Sikap Dan Ucapan Yang Lembut Kepada Orang Lain

Suatu hari ketika Rasulullah sedang berada di rumah Aisyah, ada tamu yang ingin berjumpa dengan Rasulullah dan mengetuk pintu. Tampak Rasul sedikit keberatan dan tidak nyaman dengan kehadiran tamunya. Namun Rasulullah tetap mempersilahkan tamunya masuk dan bersikap manis kepada tamunya. Sontak Aisyah heran, mengapa sikap Rasulullah bisa berubah. Rasulullah lalu berkata kepadanya “Wahai Aisyah, seburuk-buruk orang adalah dia yang ditinggalkan atau dihindari orang lain karena takut akan keburukannya” (Sahih Bukhari Kitab Al-Adab No. 6054)

  1. Melarang Aisyah Untuk Mencela/Memaki Binatang

Ketika dalam suatu perjalanan jauh bersama Rasulullah, Aisyah merasa kesal dengan untanya lalu ia memaki unta tersebut. Mendengar hal ini, Rasulullah dengan lembut mengingatkan Aisyah “Sesuatu yang terlaknat tidak boleh menyertai perjalananku,” (Musnad Ahmad, 6/72. No. 24478). Hadits Rasul ini sebagai nasehat bagi Aisyah agar tidak memaki/melaknat binatang.

  1. Peringatan Tentang Bahaya Ghibah

Adapun salah satu sifat Aisyah adalah pencemburu. Suatu ketika, Aisyah sedang membicarakan salah satu ‘madu’nya, yaitu istri Rasulullah yang lain, Shafiyyah. Aisyah membicarakan dan memberi isyarat tentang tubuh Shafiyyah yang kecil (membicarakan fisik orang lain). Maka mendengar hal semacam itu dikatakan Aisyah, Rasulullah bersabda “Engkau telah mengucapkan kalimat yang jika kau campurkan dengan air laut niscaya air yang jernih itu akan keruh seluruhnya. Aku tidak pernah senang mendengarkan cerita tentang seseorang bahwa dia begini dia begitu” (Sunan Abu Daud Kitab Al-Adab No. 4875)

  1. Tidak Menghitung-Hitung Dan Mengingat Sedekah

Suatu ketika Aisyah baru saja bersedekah kepada orang miskin. Tidak lama setelah ia menyedekahkan hartanya, Aisyah menyuruh salah satu budaknya untuk mengikuti dan melihat apa yang dilakukan orang miskin tersebut setelah diberi sedekah. Menyaksikan hal ini, Rasulullah memberikan nasehat yang baik untuk Aisyah tentang adab dalam bersedekah. “Janganlah engkau menghitung-hitung pemberianmu sehingga engkau nanti juga akan dihitung-hitung” (Musnad Ahmad, 6/70, No. 24545)

  1. Tidak Memasukkan Lukisan Ke Dalam Rumah

Ketika Aisyah sedang sendiri di rumahnya, ia memasangkan sarung bantal barunya yang memiliki lukisan di sisinya. Ketika Rasulullah ingin memasuki rumahnya, ia seketika berhenti di depan pintu dan enggan memasukinya, karena merasa heran Aisyah pun bertanya kepada Rasulullah apa yang menyebabkannya enggan masuk. Rasulpun bersabda “Orang-orang yang memiliki lukisan ini akan disiksa pada hari kiamat dan kepada mereka dikatakan ‘hidupkanlah apa yang kalian lukis’. Rumah yang ada lukisannya tidak akan dimasuki malaikat” (Sahih Bukhari Kitab Al-libas Bab Tashawir No. 5961).

Sumber: muslimdaily/dakwahmedia

(fauziya/muslimahzone.com)

No Responses

Leave a Reply

mendidik-anak
“Untuk Mendidik Seorang Anak, Butuh Orang Sekampung”
bahaya-smartphone
Waspadai Masalah Kesehatan Akibat Ketergantungan Smartphone!
aksi-bela-islam
Kronologi Kejadian Aksi Bela Islam II pada 4 Nov 2016 Resmi dari GNPF MUI
irena-handono
Terkait Penistaan Al-Qur’an, Umi Hj. Irena Handono Menulis Surat Terbuka Untuk Presiden dan Kapolri
israel-kebakaran
Kebakaran di Israel dan Tafsir Surat Al-Fajr
arisan
Hukum Arisan Dalam Islam
memukul
Kebolehan Memukul Istri dan Anak Sebagai Ta’dib
pasar-islam
Mal dan Fasilitas Dagang dalam Islam
pertolongan-allah
Pertolongan Allah Kepada yang Menolong Agamanya
cairo
Suara Hati dari Cairo
lidi-umat
Ketika Lidi Umat Bersatu…
mencintai-allah
Ya Allah Aku Mencintai-Mu, Walaupun Aku Bermaksiat Kepada-Mu…
nasehat-pasutri
Nasehat Pasutri Agar Kokoh Perkawinan
bunga-layu
Mengingkari Kebaikan Suami, Salah Satu Penyebab Terbanyak Wanita Masuk Neraka
keluarga-islami-2
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan (Part 2)
keluarga-sakinah
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan
anak-lucu
Kebutuhan Memahami Anak Usia Dini
mencium-bayi
Ini Alasan Sebaiknya Tidak Mencium Bibir Anak
kejujuran-anak
Mengokohkan Kejujuran Dalam Diri Anak
anak-laki-laki
Membangun Karakter Anak Laki-Laki
kamera
Jaga Aurat di Depan Kamera
selfie-muslimah
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
sosmedia
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
alay
Era Gadget Ciptakan Generasi Alay, Generasi Lalai
eropa
Tradisi Menjual Istri di Eropa
arrayah-212
Kisah Ar Rayah di Aksi Damai 212
salat-jumat-212-diguyur-hujan
Semerbak Harum Saat Hujan Turun Dalam Aksi 212
sepatu
Karena Ukuran Kita Tak Sama
mandi-malam
Manfaat dan Resiko Mandi di Malam Hari
profil-muhaimin-iqbal
The Age of Deception
obesitas
Apa yang Menjadi Penyebab Obesitas?
kentut
Sering Kentut, Ini Penyebab, Diagnosa dan Pencegahannya
cara-menyapih-anak
7 Tips Menyapih Anak
daging-kurban
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
menghafal
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
menghafal alquran
Cara Cepat Menghapal Al Quran Dengan 15 Menit
resep-kue-ketan-isi-mangga
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
resep-lumpia
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
wedang-bajigur
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin
klepon
Klepon Yummy