Komunitas Suka Pendidikan Rumah (K’Super) Muslim Depok Sukses Menggelar Talk Show Bertema Homeschooling

DEPOK (Muslimahzone.com) – Satu Muharam kemarin, Komunitas Suka Pendidikan Rumah (K’Super) Muslim Depok menggelar talk show bertajuk Seru Sehari Bersama Praktisi Homeschooling. Talk show yang menghadirkan Kepala Bidang Pendidikan Formal dan Informal (Kabid PNFI) Dinas Pendidikan Kota Depok, tiga orangtua praktisi pendidikan rumah, dan anak-anak homeschooler dari K’Super Muslim ini, membahas serba-serbi homeschooling, mulai dari legalitas, kurikulum, kegiatan komunitas, dan lain sebagainya.

Acara yang diselenggarakan di Aula Gedung Perpustakaan Balai Kota Depok ini sukses mengambil perhatian para orangtua yang ingin tahu lebih jauh tentang homeschooling. Hal ini terbukti dari jumlah kuota yang terisi penuh, bahkan ada calon pendaftar yang akhirnya ditolak.

Dalam bincang santai yang dipandu oleh Ibu Gina Hendrawani -penulis buku Anakku Bukan Anakku- ini, Kabid PNFI Disdik Kota Depok, Bapak Dadang S., menjelaskan bahwa secara legalitas, homeschooling merupakan jalur pendidikan informal yang diakui sah secara hukum. Tiga narasumber lainnya, yakni Bapak Harry Santosa, Ibu Wulandari Ekasari, dan Ibu Ferani Ibrohim menjelaskan lebih jauh tentang apa itu homeschooling dan serba-serbinya.

Homeschooling bisa diartikan sebagai pendidikan berbasis keluarga, di mana visi misi pendidikan, kurikulum, tahapan, dan langkah-langkah yang ditempuh dikembalikan lagi kepada nilai-nilai pendidikan yang hendak dicapai oleh masing-masing keluarga. Jadi memang agak sulit untuk mendapatkan jawaban pasti dari pertanyaan, bagaimana sih homeschooling itu? Karena masing-masing keluarga homeschooler memiliki kekhasan sesuai dengan visi-misi pendidikan dan latar belakang keluarga tersebut.

Keluarga yang hendak menempuh jalur homeschooling, mau tidak mau harus mengerti dan menetapkan landasan pendidikan yang kokoh terlebih dahulu, sebab merekalah satu-satunya pihak yang akan bertanggung jawab dan melakukan evaluasi terhadap proses pendidikan anak-anaknya. Sementara komunitas, lebih bersifat mengokohkan nilai-nilai yang hendak dicapai tersebut, karena biasanya terbentuknya komunitas berangkat dari komitmen dan kedekatan nilai-nilai pendidikan yang hendak dicapai dari masing-masing keluarga homeschooler yang bergabung dalam komunitas itu. Yang kemudian terwujud dalam kegiatan-kegiatan bersama yang dilakukan.

Dalam acara ini, anak-anak homeschooler K ‘ Super Muslim juga dilibatkan dalam jalannya acara, ada Liv dan Kayyisa yang menjadi MC (Master of Ceremony), ada Danish yang mempresentasikan kegiatan-kegiatan K’Super Muslim, dan ada Basil yang mempresentasikan karya codingnya.

Acara juga dimeriahkan oleh Pasar Anak dari Komunitas Enterpreuneur Kids Indonesia yang biasa disingkat PAK EKI, penampilan gerak dan lagu oleh anak-anak kluster kecil K’Super Muslim, dan pertunjukan drama pendek Al Fatih oleh anak laki-laki kluster besar K’Super Muslim.

(esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin