jacksite.wordpress.com,KB
Laporkan iklan tak layak ⤴

KB dalam Pandangan Islam

MuslimahZone.com – Rubrik konsultasi kali ini diambil dari sebuah buku tanya jawab Fikih Wanita karya Ibrahim Muhammad al Jamal yang diterbitkan oleh PT Serambi Ilmu Semesta.

Pertanyaan:

Sekarang ini beban kehidupan semakin berat, sementara lahan untuk tempat tinggal semakin sempit. Nah, bagaimana pandangan Islam terhadap Keluarga Berencana (KB)?

Jawaban:

Memang, pada masa sekarang, beban kehidupan semakin berat dan lahan untuk tempat tinggal semakin sempit, sehingga memperoleh tempat tinggal yang kecil saja sudah merupakan impian keluarga muda. Akan tetapi, apakah keadaan seluruh umat seperti ini? Tentu tidak.

Jadi, pendapat kami, Keluarga Berencana (KB) dalam artian pembatasan keturunan yang diberlakukan secara umum kepada setiap orang adalah keliru. Yang benar adalah pengaturan keluarga. Setiap orang harus mengatur keluarganya berdasarkan kemampuannya. Orang yang merasa rumahnya tidak mungkin cukup untuk lebih dari dua anak, maka silahkan mengaturnya. Menggeneralisasi pembatasan tersebut adalah haram.

Lalu, bagaimana cara melakukan pengaturan itu?

Pada zaman Rasulullah saw., cara yang dipakai adalah ‘azl (coitus interruptus). Tetapi, sebenarnya hal itu menyia-nyiakan hak wanita. Zaman sekarang, telah tersedia pil-pil yang merupakan obat, menurut para dokter, paling kecil efek sampingnya. Di samping itu, ada alat-alat kontrasepsi lain yang dapat digunakan. Saya kira, di kalangan para ulama, masalah ini masih terus dikaji hingga saat ini. Wallahua’lam.

(esqiel/muslimahzone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>