Jangan Biarkan Anak Libur Lebaran di Depan TV

MuslimahZone.com – Jangan biarkan libur Lebaran putra-putri Anda kali ini dihabiskan dengan berlama-lama di depan televisi, komputer atau mainan digital lainnya. Lebih baik sering-seringlah mengajak mereka berjalan-jalan walau mungkin hanya ke taman.

Penelitian baru mengungkapkan, anak-anak yang menghabiskan setidaknya tiga jam lebih di depan media televisi atau komputer, memiliki kemungkinan sembilan kali lebih besar mengalami gangguan kemampuan motoriknya ketimbang mereka yang banyak beraktivitas.

“Masa anak-anak adalah saat yang kritis bagi pengembangan keterampilan koordinasi motorik yang penting untuk kesehatan dan kesejahteraan.Kita tahu bahwa gaya hidup sedentari memiliki efek negatif pada keterampilan ini dan berkaitan dengan menurunnya kebugaran, harga diri yang rendah, penurunan prestasi akademik, penelitian seperti dikutip dari medicaldaily.

Untuk penelitian ini, peneliti menilai gaya hidup lebih dari 200 anak laki-laki dan perempuan berusia antara sembilan dan 10 dari 13 sekolah dasar di Portugal.

Aktivitas fisik dari anak-anak diukur dengan accelerometer-sebuah alat yang merekam gerakan dan intensitas. Keterampilan motorik diukur dengan menggunakan tes yang mengukur kemampuan untuk melompat lateral, melompati rintangan dan keseimbangan.

Kuesioner juga diberikan kepada orang tua dari anak-anak yang berpartisipasi untuk menanyakan tentang kebiasaan gaya hidup anak mereka.

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktunya lebih dari 70% untuk kegiatan yang tidak melibatkan gerakan fisik mereka ternyata sangat mempengaruhi keterampilan motorik mereka. Ini banyak ditemukan pada anak laki-laki ketimbang anak perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak perempuan yang menghabiskan 77,3% atau lebih banyak waktu untuk kegiatan yang tidak melibatkan fisik memiliki keterampilan motorik 4-5 kali lebih buruk dibandingkan anak perempuan aktif.

Untuk anak laki-laki, menghabiskan lebih dari 76% waktu mereka duduk berarti bahwa mereka 5-9 kali lebih mungkin untuk mengalami gangguan keterampilan motorik.

“Sangat jelas dari penelitian kami bahwa perilaku menetap adalah prediktor independen koordinasi motorik rendah, terlepas dari tingkat aktivitas fisik dan faktor-faktor kunci lainnya. Perilaku menetap memiliki dampak signifikan pada koordinasi motorik anak-anak, dan lebih berpengaruh terhadap anak laki-laki dibandingkan anak perempuan,” kata Lopes.

Sebuah penelitian terbaru melaporkan bahwa anak-anak menghabiskan kurang dari 20 menit sehari untuk bermain di luar sedangkan waktu yang dianjurkan adalah minimal 60 menit aktivitas fisik.

“Hasil menunjukkan pentingnya menetapkan waktu maksimum untuk perilaku menetap, sementara mendorong anak untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisik mereka. Kami berharap temuan kami akan membuat kontribusi yang berharga bagi perdebatan tentang kesehatan anak dan mendorong penyelidikan masa depan mengenai hal ini,”kata Lopes.

Studi ini dipublikasikan di American Journal of Human Biology.

(fauziya/eramuslim/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Republik Hoax
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Contoh Saja (Masih) Belum Cukup
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin