Gurihnya Kacang Mete dalam Balutan Rasa Pedas Manis

kacang mete pedas manis

MuslimahZone.com –  Kacang mete adalah salah satu cemilan yang banyak disukai dan biasanya menjadi pelengkap suguhan di hari lebaran. Biasanya, kalaupun hanya digoreng saja kacang mete sudah enak dimakan karena memang rasa dasarnya yang gurih. Namun, jika disajikan dengan rasa yang berbeda tentunya akan menghasilkan rasa yang lebih enak lagi.

Sebelum kita bagikan resep pengolahan kacang mete, ada baiknya jika kita mengetahui kandungan nutrisi yang ada dalam kacang mete. Seperti yang sudah kita ketahui, kacang mete adalah bagian dari buah pohon Jambu monyet yang berbentuk buah jambu atau yang disebut dengan jambu mete. Buah jambu mete atau jambu monyet berwarna abu-abu yang juga mirip seperti lonceng. Biji buah ini yang berada diluar yang disebut dengan kacang mete ini berkulit keras. Bagian terluar menyusun resin fenolik, urushiol, yang merupakan kulit kaustik beracun iritasi yang ampuh. Pada saat pengolahan, bagian luar dipanggang untuk menghancurkan resin urushiol, dan kemudian isi mete dimakan atau diekstrak.

Jambu mete berukuran panjang sekitar satu inci dengan ujungnya yang berbentuk kacang yang runcing melengkung. Kacang mete memiliki dua bagian yang sama yang bisa dibelah seperti pada kacang-kacangan. Kacang mete adalah yang berwarna putih krem dengan tekstur dan permukaannya yang halus. Kacang mete memiliki tekstur mentega dengan aroma buahnya yang manis dan menyenangkan.

Adapun manfaat kacang mete untuk kesehatan adalah sebagai berikut:
Tinggi kalori

Kacang mete mengandung kalori yang tinggi. Dalam 100 gram kacang menyediakan 553 kalori. Kandungan Lainnya yaitu serat larut, vitamin, mineral dan yang mempromosikan phytochemical yang akan membantu melindungi dari penyakit dan kanker.

Mencegah penyakit terkait arteri

Kacang mete juga baik untuk jantung karena mengandung asam tak jenuh tunggal oleat dan asam palmitoleat. Asam lemak esensial ini akan membantu untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) sementara meningkatkan kolesterol baik (HDL). Studi penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania, yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal membantu mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan mendukung lipid darah yang sehat.

Mengandung mineral penting

Kacang mete adalah sumber yang sangat kaya mineral penting. Kandungan mineralnya terutama seperti mangan, kalium, tembaga, besi, magnesium, seng dan selenium. Sejumlah kacang mete per hari akan mendapatkan cukup dari mineral ini. Selenium merupakan mikronutrien penting, yang berfungsi bersama-sama dengan enzim antioksidan seperti glutathione peroksidase, salah satu antioksidan yang paling kuat dalam tubuh. Tembaga adalah kofaktor untuk banyak enzim penting lainnya, termasuk sitokrom c-oksidase dan superoksida dismutase (mineral lainnya berfungsi sebagai co-faktor untuk enzim ini adalah mangan dan seng). Zinc adalah co-faktor dalam banyak enzim yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan, kesuburan pria, membantu pencernaan dan pembentukan asam nukleat.

Mengandung banyak vitamin penting

Kacang mete juga kaya akan berbagai vitamin penting seperti asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan thiamin (vitamin B-1). Dalam 100 gram kacang mete menyediakan piridoxin 0.147 mg atau 32%  tingkat harian yang disarankan. Piridoksin dapat mengurangi risiko homocystinuria serta anemia sideroblastik. Niasin akan membantu mencegah dermatitis. Selain itu, vitamin ini sangat penting untuk keperluan memetabolisme protein, lemak, dan karbohidrat pada tingkat seluler.

Mengandung Antioksidan dan anti degenerasi makula

Berikutnya kacang mete juga mengandung sejumlah kecil zea-xanthin, suatu flavonoid pigmen antioksidan penting yang selektif akan diserap ke dalam makula lutea retina di mata. Diperkirakan juga  menyediakan antioksidan dan filter pelindung dari sinar UV dan membantu mencegah degenerasi makula terkait usia (ARMD) pada orang tua.

Perlu diperhatikan, walaupun banyak nutrisi yang terkandung dalam kacang mete, namun ada beberapa individu yang alergi dengan kacang mete, yaitu suatu kondisi hipersensitivitas umum terutama pada anak-anak. Gejala-gejala dari reaksi alergi bisa berupa gatal-gatal kulit, dan kemudian bisa membentuk anafilaksis manifestasi parah, seperti kesulitan bernapas, nyeri perut, muntah, dan diare. Maka perlu dicari tahu dulu apakah kita termasuk yang memiliki alergi atau tidak.

Nah, setelah mengetahui manfaat kacang mete untuk kesehatan, langsung saja ya kita berbagi resep kacang mete. Berikut adalah resep untuk kacang mete rasa pedas manis.

Bahan-bahan:

  • 1,5 kg kacang mede kupas
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 sdm garam
  • 1,5 liter minyak goreng
Bumbu Pedas Manis:
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdm bubuk cabai kering
  • 3 lembar daun jeruk nipis, iris halus
 Cara membuat
  1. Haluskan bawang putih, ketumbar dan garam, tambahkan 4 sdm air untuk melarutkan.
  2. Campur kacang mede dengan bumbu halus dan biarkan selama 2 jam.
  3. Goreng kacang dengan minyak banyak dan panas dengan api sedang hingga keemasan. Angkat.
  4. Panaskan wajan anti lengket dengan sedikit minyak, larutkan gula dan panaskan hingga menjadi caramel, masukkan irisan daun jeruk nipis dan kacang mede, aduk hingga tercampur rata. Masukkan bubuk cabai, angkat. Dinginkan, simpan dalam stoples kedap udara.
 Sajikan kacang mete dalam toples cantik untuk cemilan dan suguhan tamu yang berkunjung saat lebaran nanti. Semoga dengan menyajikan makanan yang enak dan sehat dapat menjadi sarana juga dalam rangka menghormati tamu.
(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

tito-karnavian
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
sosmed-dipantau
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
kin-4
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
jokowi-di-iran
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Al quran
Kewajiban Mempelajari Al Qur’an
cabut alis
Bertujuan Cantik Ternyata Aktifitas Ini Haram
berhutang
Adab Ketika Berhutang
tanda-tanya
Inilah Lelaki Paling Tampan Menurut Riwayat Hadits
pedang 2
Pedang dan Keadilan
sombong
Sombong, Biang Segala Penyakit Hati
akhir zaman
Banyaknya Pembunuhan di Akhir Zaman
amar-maruf
Bersabar Itu Atas Musibah, Bukan Atas Kedzaliman
shaum
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
cinta_love
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
pernikahan-4
Tentang Sebuah Pernikahan
nasehat-pasutri
Nasehat Pasutri Agar Kokoh Perkawinan
menghafal-alquran
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
gosok-gigi
Contoh Saja (Masih) Belum Cukup
anak-muslimah
Lima Poin Penting Dalam Pendidikan Anak
anak-alam
Belajar Bersama Alam
kamera
Jaga Aurat di Depan Kamera
selfie-muslimah
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
sosmedia
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
alay
Era Gadget Ciptakan Generasi Alay, Generasi Lalai
isteri taat
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
wahyu alquran
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Muslim
Ikhtiar Pertama Apabila Seorang Muslim Sakit
mencintai-nabi
Merekalah Orang-Orang yang Mencintai Nabi
popok-bayi
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
nangka
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
minum
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
kenari
Rahasia Dibalik Makanan Ini Untuk Wanita
membaca-buku
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
cara-menyapih-anak
7 Tips Menyapih Anak
daging-kurban
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
menghafal
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
pangsit-kuah
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
resep-kue-ketan-isi-mangga
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
resep-lumpia
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
wedang-bajigur
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin