Di Antara Rahasia Keberkahan dalam Rumah Tangga

suami-dan-istri

MuslimahZone.com – Wanita ini bergegas menuju kota Makkah bersama suami dan banyak pasangan lainnya. Mereka yang sama profesinya ini hendak berkeliling kota suci itu untuk mencari anak susu. Sudah menjadi adat, menyusukan anak kepada wanita lain memiliki beberapa kelebihan; mengajarkan tata bahasa yang lebih santun, ‘mengasingkan’ anak menuju tempat yang lebih baik, dan banyak lagi hikmah lainnya.

Sesampainya di Makkah, sebab wanita ini hanya mengendarai tunggangan kecil yang tak mampu diajak berlari, ia ‘kehabisan’ rezeki. Semua anak orang kaya berhasil diadopsi oleh teman-temannya. Yang tersisa hanyalah beberapa anak yatim. Kepada anak-anak yatim ini, mereka seakan sepakat, “Apa yang bisa diharapkan dari ibunya? Apakah mereka mampu membayar kita dengan harga yang layak?”

Kelar berkeliling kota Makkah, wanita ini tak menjumpai anak susu lain, kecuali si yatim yang tak menarik bagi wanita-wanita dalam rombongan itu. Masalah semakin lengkap saat tunggangannya bertambah sakit, kambing yang dibawanya tak mengeluarkan susu untuk diminum, dan wanita-wanita sesukunya telah bersiap pulang.

Di tengah kecamuk persoalan itu, sang wanita berkata kepada suaminya, “Demi Allah, aku tidak akan pulang bersama teman-temanku kecuali setelah membawa anak yatim itu untuk kujadikan anak susu.”

Sebagaimana suami lain yang lebih mengedepankan logika di banding perasaan, sejatinya laki-laki itu bisa menukasi dengan ketus atas perkataan dan niat istrinya itu. Sayangnya, yang dilakukan justru kebalikannya. Katanya, “Lakukanlah, semoga Allah Ta’ala melimpahkan keberkahan kepada kita.”

Si yatim yang tak diminati ini pun diambil. Lalu, didekapnya dengan kasih sayang amat tulus, layaknya ibu kepada anak kandungnya. Ajaib! Luar biasa! Allahu Akbar! Wanita yang mulanya lemah itu, seketika setelah mendekap anak yatim, tenaganya berangsur pulih, bahkan semangatnya penuh kembali.

Kemudian, saat hari menjelang malam, ketika mereka bergegas menuju kediamannya, keajaiban lain muncul. Keledainya berangsur pulih dan berjalan amat cepat, kambing yang dibawanya menghasilkan susu yang amat melimpah. Saking cepatnya, keledai yang ditunggangi itu berhasil menyusul teman-teman si wanita yang telah terlebih dahulu melakukan perjalanan.

“Tunggu kami,” pinta seseorang di antara wanita dalam rombongan itu. “Apakah itu keledai yang kau jadikan tunggangan saat berangkat itu?” lanjut mereka memastikan.

“Benar,” jawab sang wanita yang dijawab langsung oleh teman-temannya itu, “Demi Allah, kami melihatnya amat berbeda dengan yang kemarin.”

Sebab mendapati kejadian-kejadian di luar nalar itu, sang suami pun berkata dengan kagum yang tak tergambar, “Demi Allah, kau telah mengambil anak yang penuh berkah ini.”

***

Bukan fiksi atau dongeng. Si wanita dalam kisah di atas adalah Halimah binti Harits as-Sa’diyyah yang menjadi ibu susu bagi anak yatim terbaik di muka bumi ini, Muhammad bin ‘Abdullah bin ‘Abdul Muthalib.

Di antara hikmah yang bisa kita petik, bahwa keberkahan dalam rumah tangga bisa jadi dimulai dari inisiatif sang istri. Tapi, ianya akan benar-benar mewujud saat mendapat dukungan penuh dari suaminya.

Dalam kisah ini, suami Halimah memiliki opsi menolak usul istrinya, dan istrinya wajib mematuhi jika suaminya sampaikan penolakan. Namun, atas izin Allah Ta’ala, sang suami pun memberikan dukungan kepada Halimah, meski yang dilakukan istrinya itu tidak wajar, bahkan berpeluang menuju kegagalan jika ukurannya adalah logika manusia semata.

Wahai para suami, perhatikan ini dengan baik. Jangan remehkan istrimu, apa pun tingkat pendidikan dan strata sosial keluarganya. Tundukan egomu, hargai saran wanita yang telah kau pilih dengan iman itu. Jika apa yang disarankan olehnya adalah kebaikan, meski tak logis dalam pandangan orang umum, jangan serta merta menolak sebelum melakukan konfirmasi. Apalagi jika kalian tidak memiliki alasan yang lebih baik untuk menolak usulnya itu.

(keluargacinta/muslimahzone.com)

Leave a Reply

mendidik-anak
“Untuk Mendidik Seorang Anak, Butuh Orang Sekampung”
bahaya-smartphone
Waspadai Masalah Kesehatan Akibat Ketergantungan Smartphone!
aksi-bela-islam
Kronologi Kejadian Aksi Bela Islam II pada 4 Nov 2016 Resmi dari GNPF MUI
irena-handono
Terkait Penistaan Al-Qur’an, Umi Hj. Irena Handono Menulis Surat Terbuka Untuk Presiden dan Kapolri
israel-kebakaran
Kebakaran di Israel dan Tafsir Surat Al-Fajr
arisan
Hukum Arisan Dalam Islam
memukul
Kebolehan Memukul Istri dan Anak Sebagai Ta’dib
pasar-islam
Mal dan Fasilitas Dagang dalam Islam
pertolongan-allah
Pertolongan Allah Kepada yang Menolong Agamanya
cairo
Suara Hati dari Cairo
lidi-umat
Ketika Lidi Umat Bersatu…
mencintai-allah
Ya Allah Aku Mencintai-Mu, Walaupun Aku Bermaksiat Kepada-Mu…
nasehat-pasutri
Nasehat Pasutri Agar Kokoh Perkawinan
bunga-layu
Mengingkari Kebaikan Suami, Salah Satu Penyebab Terbanyak Wanita Masuk Neraka
keluarga-islami-2
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan (Part 2)
keluarga-sakinah
Nasehat Rasulullah Agar Pernikahan Dipenuhi Keberkahan dan Kebahagiaan
anak-lucu
Kebutuhan Memahami Anak Usia Dini
mencium-bayi
Ini Alasan Sebaiknya Tidak Mencium Bibir Anak
kejujuran-anak
Mengokohkan Kejujuran Dalam Diri Anak
anak-laki-laki
Membangun Karakter Anak Laki-Laki
kamera
Jaga Aurat di Depan Kamera
selfie-muslimah
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
sosmedia
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
alay
Era Gadget Ciptakan Generasi Alay, Generasi Lalai
arrayah-212
Kisah Ar Rayah di Aksi Damai 212
salat-jumat-212-diguyur-hujan
Semerbak Harum Saat Hujan Turun Dalam Aksi 212
sepatu
Karena Ukuran Kita Tak Sama
muslim-ummah
Ilmu Sanad, Hanya Dimiliki Umat Islam
mandi-malam
Manfaat dan Resiko Mandi di Malam Hari
profil-muhaimin-iqbal
The Age of Deception
obesitas
Apa yang Menjadi Penyebab Obesitas?
kentut
Sering Kentut, Ini Penyebab, Diagnosa dan Pencegahannya
cara-menyapih-anak
7 Tips Menyapih Anak
daging-kurban
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
menghafal
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
menghafal alquran
Cara Cepat Menghapal Al Quran Dengan 15 Menit
resep-kue-ketan-isi-mangga
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
resep-lumpia
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
wedang-bajigur
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin
klepon
Klepon Yummy