Cintanya Sudah Habis

Muslimahzone.comPertanyaan (S, 36 Tahun, Tanzania):

Aku telah berumah tangga selama 16 tahun. Aku berasal dari Tanzania. Aku kini tak mengerti apa yang sedang terjadi pada diri suamiku. Ia selalu bersikap kasar padaku; ia bahkan tidak tidur lagi bersamaku dan menolak untuk berhubungan suami-istri. Ia tidur sendiri di kamar yang berbeda. Cintanya sudah habis. Kami memang memiliki masalah, ibu mertuaku tinggal bersama kami. Beliau adalah seorang janda kaya raya. Beliau baru setahun menjanda. Tetangga-tetangga kami pun kerapkali seenaknya keluar masuk rumah kami, namun suami dan ibu mertuaku tak mempermasalahkannya. Alhasil, kondisi ini menciptakan masalah antaraku dengan suami dan ibu mertuaku. Meskipun demikian, aku tetap melaksanakan tanggung jawabku sebagai istri. Kami memiliki dua orang anak. Apa yang harus aku lakukan?

 

Jawaban (Aisha Mohammed-Swan):

Assalammu’alaikum,

Terimakasih atas pertanyaannya. Saya turut prihatin atas masalah yang tengah merundung Anda. Tentunya tak mudah menghadapi kondisi tersebut, terutama ketika ada orang lain yang keluar masuk rumah kita dan menyebabkan ketidaknyamanan. Mungkin, hidup dalam kondisi demikianlah yang mempengaruhi suami Anda sehingga ia melampiaskan kemelut jiwanya pada Anda, dan ini tentu tidak benar. Meskipun saya belum mengetahui pasti sudah berapa lama suami Anda berlaku buruk pada Anda dan tidak tidur bersama Anda, hal tersebut adalah hal yang melanggar syariat Islam.

Sementara Anda tidak memberikan informasi yang lebih detail, saya hanya dapat menyarankan Anda untuk berbicara dengan suami Anda, sampaikanlah bahwa Anda tidak bahagia dengan semua kondisi ini namun Anda ingin mempertahankan pernikahan kalian berdua jika memang memungkinkan. Mungkin, Anda, suami, dan anak-anak akan mendapatkan kembali fungsi keluarga yang sebagaimana mestinya jika tinggal di rumah sendiri, terpisah dari ibu mertua. Meski saya tidak mengetahui kemungkinannya, saya pikir tak ada salahnya saya menyarankan hal tersebut, karena pada banyak situasi, tinggal bersama mertua atau ipar memang dapat menyebabkan masalah dalam pernikahan.

Saya pun menyarankan agar Anda berdua berkonsultasi langsung dengan konselor pernikahan agar didapatkan akar permasalahan ini dengan jelas. Dari sana semoga didapatkan solusi agar keluarga Anda dapat bahagia bersama. Jika suami Anda menolak, atau Anda berdua tidak dapat menyatukan perbedaan pandang tersebut, Anda punya pilihan untuk bercerai. Allah menjadikan pernikahan sebagai jalan untuk berbahagia, kehidupan bersama yang menenangkan. Ketika masalah pernikahan muncul, kita berusaha menyelesaikannya secara Islami. Jika usaha tersebut gagal, perceraian dapat menjadi jalan, daripada terperangkap dalam kehidupan yang tidak bahagia. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah dan shalat istikharah untuk memutuskan langkah yang Anda tempuh. Jika Anda memerlukan konsultasi lebih lanjut, silakan hubungi kami. Doa kami untuk Anda.

Profil Konselor:

Aisha Mohammed-Swan, memperoleh gelar PhD dalam bidang psikologi pada tahun 2000 dari University of Integrative Learning. Aisha bekerja sebagai psikolog selama 12 tahun di Geneva B. Scruggs Community Health Care Center di New York, dengan fokus pada lini Depression, Anxiety, Marriage/Relationships, Community-Cultural Issues, and Life Stages.

Disklaimer:

Konsep dan rekomendasi yang diberikan dalam rubrik konsultasi ini bersifat sangat umum dan murni hanya berdasarkan informasi terbatas yang termuat dalam pertanyaan.

Diambil dari Rubrik Konsultasi situs Onislam.net

(esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Republik Hoax
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Contoh Saja (Masih) Belum Cukup
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin