Buah Kolang Kaling Ternyata Banyak Manfaatnya

Muslimahzone.com – Kolang-kaling atau biasa juga disebut buah atap mungkin bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kita dapat dengan mudah menjumpainya apalagi di bulan Ramadhan. Banyak orang menjadikannya campuran es buah atau kolak. Namun tahukah, buah ini ternyata memiliki manfaat yang begitu banyak dibalik kesederhanaan bentuknya.

Sebelum mengetahui khasiatnya, kita juga perlu mengetahui tentang tanaman penghasil kolang-kaling ini, yaitu pohon aren. Berikut sedikit penjelasannya yang dikutip dari kesehatanpedia.

Pohon aren alias pohon enau adalah pohon yang berbuah kolang kaling. Tanaman ini adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat penting selain kelapa. Selain buah atapnya, tanaman ini juga sebagai tanaman penghasil gula (gula aren) dan nira (minuman legen). Tumbuhan ini berasal dari Asia Tropis, dan menyebar mulai dari India timur, hingga sampai ke negara Malaysia, Filipina dan Indonesia. Di Indonesia, biasanya tumbuh sampai ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini juga dijadikan sumber penghasilan oleh beberapa orang yang menanamnya.

Kandungan Gizi Kolang Kaling

Buah atap mengandung kadar air sampai 93,8 % untuk setiap 100 gramnya. Kemudian juga mengandung 4 gram karbohidrat, 1 gram kadar abu, serat kasar 0,95 gram dan juga protein 0,69 gram. Ditambah lagi kandungan gelatin dan vitamin A, vitamin B, serta vitamin C nya yang bermanfaat bagi tubuh.

Khasiat Buah Kolang Kaling untuk Kesehatan

Setelah kita membahas dan mengetahui mengenai kandungan gizi beserta ciri-ciri pohon aren yang menjadi pohon berbuah kolang-kaling, sudah saatnya kita membahas mengenai manfaat buah yang satu ini.

Berdasarkan penelitian dari Departemen Pertanian,  ada beberapa manfaat kolang kaling yang dapat kita peroleh, diantaranya adalah:

Manfaat Kolang Kaling untuk Tulang

Sebagai sumber kalsium, susu sudah dikenal sebagai sumber kalsium andalan untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Akan tetapi susu memiliki kandungan kalori yang tinggi. Hal ini tentu mengkhawatirkan berat badan akan bertambah (untuk yang sedang berdiet). Kemudian jika kegemukan atau kelebihan berat badan terjadi, akan membuat sendi terasa sakit karena tulang merasa keberatan dalam menyangga tubuh.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata kalsium dari kolang kaling hampir menyamai susu sapi murni, murni lho ya… Berdasarkan penelitian yang dilakukan, untuk 100 gram susu sapi yang murni memiliki kandungan 125 mg kalsium. Kemudian kolang kaling 100 gram memiliki kandungan 91 mg kalsium.

Jika Anda adalah seseorang yang sedang menjalankan program diet atau tidak mau kegemukan, Anda bisa menggunakan kolang-kaling sebagai alternatif pengganti susu.

Khasiat buah kolang-kaling untuk Obat Persendian – Mengobati Radang Sendi

Apabila seseorang mengalami penyakit radang sendi, ia cenderung sering mengalami rasa sakit di bagian lututnya apabila sesudah berjalanan beberapa menit atau pada saat menaiki tangga.

Jika Anda atau kerabat Anda sedang mengalami masalah dengan persendiannya, atau penyakit radang sendi ini, Anda bisa memanfaatkan buah atap sebagai obat alaminya. Bagaimana caranya ? Caranya cukup mudah. Siapkan kolang-kaling, rebuslah tanpa gula atau pewarna dan jangan dijadikan manisan (jangan dijadikan manisan dengan pandan, jahe ataupun gula batu). Setelah direbus dan matang, Anda bisa menggunakannya sebagai camilan. Konsumsi 100 gram sampai 200 gram sehari sudah cukup.

Mengapa bisa mengatasi masalah persendian ? Karena didalamnya mengandung karbohidrat galaktomannan sebesar 52,9 % yang mampu meredakan sakit atau memberikan efek analgesik. Hal itu akan bisa mengurangi rasa sakit saat radang sendi.

Kegunaan bagi Tubuh – Memperlancar Sistem Pencernaan

Kolang kaling mengandung serat kasar sampai 39 %. Serat itu akan membantu untuk melancarkan pencernaan tubuh. Kenapa ? Karena serat tinggi akan bisa membuat kolang-kaling lama dicerna di dalam perut dan juga menekan nafsu makan serta bisa membuat tubuh lebih lama menyimpan energi. Selain hal itu, serat yang masuk di tubuh akan membuat BAB (buang air besar) lebih teratur sehingga akan membantu mencegah obesitas atau masalah perut lainnya.

Manfaatnya untuk Diet – Makanan Diet

Kembali menurut penelitian yang dilakukan, buah atap mengandung kadar gelatin yang cukup tinggi sehingga berfungsi mempercepat rasa kenyang dan menahan nafsu makan. Selanjutnya, kolang kaling sebanyak 100 gram memiliki kandungan karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram, protein 0,69 gram, serat kasar 0,95 gram. Ditambah adanya kandungan air 94%, tentunya selain bisa digunakan sebagai makanan diet, juga terasa segar apabila dikonsumsi.

Demikian diantara manfaat buah kolang kaling yang bisa menjadi alternatif dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin