Berkenalan dengan Komunitas Homeschooling K’Super Muslim Depok

DEPOK (Muslimahzone.com) – Homeschooling (HS) sepertinya menjadi jalur pendidikan yang semakin banyak dipilih oleh para orangtua untuk anak-anaknya. Tentu dengan aneka alasan yang menyertai. Komunitas-komunitas homeshooling pun mulai banyak bermunculan, mulai dari komunitas yang bersifat umum maupun yang mengidentifikasi diri sebagai komunitas HS Muslim.Salah satu komunitas HS muslim yang sudah setahun ini berkegiatan bersama adalah Komunitas Suka Pendidikan Rumah (K’Super) Muslim Depok.

Untuk tahu lebih banyak tentang K’ Super Muslim, muslimahzone kali ini berkesempatan berbincang-bincang dengan Ibu Ferani Ibrohim -yang akrab disapa Mami Fe- selaku Humas K’Super (Komunitas Suka pendidikan Rumah) Muslim Depok.

MuslimahZone: Bisa diceritakan bagaimana latar belakang terbentuknya K’Super ini, Mami Fe?

Ferani Ibrohim: K’Super singkatan dari Komunitas Suka Pendidikan Rumah, adalah komunitas para praktisi homeschooling/homeeducation yang dibentuk di Depok tgl 27 Agustus 2014. Latar belakang terbentuknya K’Super ini adalah karena kesamaan jalur pendidikan informal yang ditempuh bagi anak-anak dalam keluarga kami dan ideologi yang sama yang ingin kami jadikan landasan bagi keberlangsungan pendidikan keluarga dalam komunitas kami.

MuslimahZone: Boleh dijelaskan lebih jauh Mami, tentang ideologi pendidikan yang menyatukan para orangtua di K’Super ini?

Ferani Ibrohim: Komunitas K’Super ini diperuntukkan bagi keluarga muslim, yang sudah pasti berlandaskan Al Quran dan As-Sunnah. Keinginan untuk berusaha mengupayakan ini secara kaffah-lah yang menyatukan kami. Sebetulnya sudah ada banyak komunitas-komunitas homeschooling sebelum kami, namun K’Super hadir untuk lebih mempertegas dan memperjelas landasan home-education bagi keluarga muslim (khususnya dalam komunitas kami).

MuslimahZone: Sebetulnya, seberapa jauh urgensi keberadaan komunitas bagi keluarga pelaku homeschooling (homeschooler) Mami?

Ferani Ibrohim: Se-urgen kandungan QS. Al ‘Ashr “..saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran”, sebagai wujud dari slogan kami “sharing and caring”. Juga tuntunan untuk menjalin silaturahim dengan berjejaring sebagai wujud dari slogan kami “networking”. Slogan K’Super, sharing, caring, networking. Selain itu juga sebagai sarana bagi anak-anak HS belajar mengenal dan menerapkan nilai-nilai Islami dalam bersosialisasi sebagai bekal (pendidikan dasar) kelak saat memasuki dunia yang heterogen.

MuslimahZone: Selama ini kegiatan apa saja yang sudah dilakukan oleh K’Super dan di mana biasanya K’Super mengadakan kegiatan rutinnya?

Ferani Ibrohim: Kegiatan-kegiatan yang dilakukan K’Super sudah cukup banyak, ada yang rutin dilakukan seperti memanah, belajar matematika dasar untuk usia sekolah (usia diatas 8 tahun), belajar diniyah, les gambar, belajar bahasa Inggris dan Jepang. Kegiatan rutin dilakukan di Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia dan pinjam tempat di Jl. Ridwan Rais, Depok. Ada juga berbagai kegiatan insidentil untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman anak-anak seperti camp, outing bertema khusus (kewirausahaan, pengenalan berbagai profesi, service community,dll). Seluruh kegiatan sifatnya opsi dan tidak wajib diikuti anggota.

MuslimahZone: Bagaimana cara untuk bisa bergabung di K’Super, Mami?

Ferani Ibrohim: K’Super bukan sebuah lembaga melainkan komunitas yang bernuansa kekeluargaan, sehingga cenderung membatasi anggota hanya untuk yang memiliki komitmen untuk ikut berkontribusi dalam pendidikan anak-anak di komunitas. Cara bergabung dengan K’Super silakan kontak dan bertemu langsung dengan Bu Wulan-selaku Ketua K’Super- untuk mengetahui syarat dan ketentuan.

MuslimahZone: Oke Mami Fe, terimakasih ya atas kesediaannya.. Jazakillah khairan.

Ferani Ibrohim: Sama-sama, waiyyak. Untuk informasi lebih lanjut tentang K’Super Muslim, bisa bergabung dengan grup Facebook K’SUPER Muslim – Komunitas Suka Pendidikan Rumah Muslim. https://www.facebook.com/groups/KSuperMuslim

(esqiel/muslimahzone.com)

One Response

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Republik Hoax
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Contoh Saja (Masih) Belum Cukup
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin