Berbahayakah Sosial Media bagi Perkembangan Anak?

MuslimahZone.com – Di era digital seperti saat ini, penggunaan sosial media sudah menjadi hal yang lumrah di sekitar kita, termasuk bagi anak-anak. Penggunaan gadget dari model standar sampai yang canggih bukan lagi menjadi sesuatu yang luar biasa. Bahkan ada pula fenomena orang tua yang membuatkan akun untuk anaknya sejak mereka masih dalam usia bayi. Dan tentu saja itu tidak sepenuhnya salah.

Psikolog Kasandra Putrianto berpendapat bahwa tidak selamanya media sosial negatif bagi anak karena melalui interaksi di media sosial, anak juga bisa belajar berbagi pengalaman dengan sesamanya.

“Namun demikian, orang tua tidak boleh lengah dalam mengawasi anak menggunakan akun media sosial. Sedikit saja orang tua lalai dalam pengawasan, banyak hal negatif yang akan diperoleh sang anak,” jelasnya, seperti dilansir Tempo.

Menurutnya, tanpa pengawasan dari orang tua, anak bisa menjadi adiktif dan sering membuang waktu hanya untuk bermain gadget. Padahal, di usianya yang masih rentan anak harus lebih dibiasakan berinteraksi dengan kehidupan sosial nyata untuk menumbuhkembangkan sifat-sifat budi pekerti dasar seperti menghargai sesama, berbagi, dan rasa percaya diri pada anak.

Bagi anak usia tertentu, sah-sah saja bila anak memiliki akun sosial media, tetapi orangtua harus memastikan terlebih dahulu bahwa anak sudah memahami plus-minusnya media sosial. Karena ketika memasuki dunia internet, anak sebenarnya dihadapkan pada dunia tanpa batas.

Sementara itu, menurut psikolog Liza Marielly Djaprie, meski kemampuan anak berbeda-beda, tetapi di usia belasan saat sudah menginjak bangku sekolah menengah pertama mungkin sudah mulai diberikan pembelajaran dan pemahaman tentang dunia internet.

“Itu pun harus dalam pengawasan orang tua seperti orang tua juga memiliki password akun anak tersebut, atau sistem paralel dengan komputer lain, sehingga apapun aktivitas anak dapat terpantau oleh komputer orang tua,” katanya.

Bagi orang tua yang sudah terlanjur membuatkan akun media sosial untuk anaknya, jika anak sudah mulai mengerti, jelaskan kembali alasan-alasan orang tua membuat akun tersebut. Misalnya dengan memberikan pengertian bahwa akun media sosial itu untuk mempromosikan usaha baju anak, bahkan mungkin untuk alasan sederhana seperti berbagi momen pada sahabat dan kerabat, atau sekadar sebagai kenangan untuk dilihat kembali di masa depan.

Dapat disimpulkan bahwa intinya orang tua harus sabar dan tekun dalam mengawasi dan memahamkan kepada anak bahwa setiap perbuatan yang dia lakukan akan selalu mengandung resiko dan pertanggungjawaban, termasuk dalam pemanfaatan sosial media. Menggunakan media untuk kebaikan maka akan mengundang hal-hal baik. Namun sebaliknya, menggunakannya dalam keburukan apalagi dalam rangka bermaksiat kepada Allah, maka keburukan pula lah yang akan didapatkan.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Republik Hoax
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Contoh Saja (Masih) Belum Cukup
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin