Ajak Anak Makan Sambil Jalan, Itu Salah!

MuslimahZone.com – Menurut Ahli, membangun kebiasaan makan yang baik harus dilakukan sejak dini. Saat bayi mulai makan makanan padat atau pendamping ASI, ia sebaiknya duduk di highchair, booster seat, atau didudukkan di suatu tempat hingga selesai makan. “Anak harus menghargai makanan dan menghargai kegiatan makan sebagai suatu aktivitas,” kata dr. Ariani Dewi Widodo, SpA, dokter spesialis anak dari Tania Kids’ Center. Kebiasaan ini sebaiknya terus dilakukan. Pada usia 3 sampai 4 tahun, anak juga disarankan duduk di meja makan bersama keluarga saat makan tiba.

Anak sebaiknya tidak dibiasakan makan sambil berjalan-jalan, bermain-main atau menonton televisi. Kebiasaan tersebut bisa membuat anak tersedak, muntah, mengemut makanan (karena lebih tertarik pada mainan atau tontonannya), makan berlebihan, dan kebiasaan makan buruk lainnya. Kebiasaan makan yang baik sejak kecil bisa menurunkan risiko masalah pola makan saat ia dewasa.

Namun, sebagian besar mama pasti pernah mengeluhkan soal kesulitan memberi makan anak. Demikian juga dengan Annisa (28). Saat si kecil Keira baru berusia enam bulan dan memulai makanan padat pertamanya, Annisa tidak kesulitan mendudukkan anaknya di highchair dan memberinya makan. Namun begitu menginjak usia sembilan bulan, Keira mulai menolak duduk di highchair. Karena anaknya yang sulit diajak makan jika menggunakan highchair, akhirnya Annisa memutuskan untuk menggendong Keira sambil menyuapinya. Kebiasaan ini terus terbawa hingga Keira kini berusia dua tahun.

Kesalahan yang sering dilakukan orang tua adalah dengan cepat menuruti permintaan anak tanpa berusaha melakukan berbagai cara untuk membujuknya terlebih dahulu. Anak ingin makan sambil berjalan-jalan di taman, bermain-main, atau menonton televisi, karena ia tahu bahwa kegiatan-kegiatan tersebut menyenangkan untuk dilakukan. Ingin si kecil bisa senang makan di kursi? Coba, deh, buat waktu makannya di kursi makan jadi menyenangkan juga.

Pada awalnya, Anda bisa memberikan makanan yang paling disukainya terlebih dahulu. Dengan demikian ia mengasosiasikan duduk di kursi makan sebagai kegiatan yang menyenangkan karena ia akan mendapatkan makanan yang disenanginya. Kemudian perlahan-lahan, hidangkan beberapa jenis makanan lain. Anak pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu yang kuat. Ia akan mencobanya karena rasa ingin tahu. Berikan ia sendok dan biarkan ia juga mencoba makan sendiri. Berantakan? Itu sudah pasti. Tapi makan sendiri membuatnya bisa bereksplorasi seperti yang ia inginkan dibandingkan ‘jalan-jalan di taman’.

“Temani anak Anda makan. Suapi, atau kalau anak Anda sudah bisa makan sendiri, makanlah bersama-sama,” kata dr. Ariani. Anda juga bisa mencoba menyuapinya sambil bercerita, mendongeng, bernyanyi sambil memutar-mutar sendok seakan-akan itu adalah pesawat terbang yang ingin masuk ke mulutnya. Intinya, lakukan sekreatif mungkin dan coba beberapa cara bergantian setiap hari.

(detikislam/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Republik Hoax
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Contoh Saja (Masih) Belum Cukup
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin