4 Bagian Tubuh Bayi Baru Lahir yang Patut Dirawat dengan Cermat

MuslimahZone.com – Melakukan perawatan pada bayi yang baru lahir memang susah-susah gampang, terutama bagi orang tua baru. Nah, selain tali pusar, perawatan bagian tubuh lain si kecil pun patut diperhatikan. Sebab, kebanyakan organ-organ bayi masih sangat sensitif. Berikut bagian tubuh bayi baru lahir yang patut dirawat dengan cermat:

  1. Mata

Pada bayi yang baru lahir, kerap terjadi belekan karena saluran kelenjar air mata bayi pada umumnya masih tertutup, demikian diutarakan dr Daulika.

“Belekan pada bayi adalah hal yang wajar. Ibu juga dapat melakukan pijatan pada wajah tetapi patut berhati-hati jika ada tanda-tanda infeksi,” tutur dr Daulika.

Tanda infeksi pada mata bayi seperti adanya kemerahan dan bengkak di sekitar mata. Infeksi juga bisa ditandai apabila belek pada mata berwarna kuning kental. Jika hal itu terjadi, dr Daulika menyarankan segeralah bawa si kecil ke dokter agar cepat ditangani.

  1. Mulut

Selain mata, mulut juga perlu mendapat perhatian khusus dalam hal merawatnya. Pada lidah bayi yang baru lahir biasanya terdapat putih-putih. Tak perlu khawatir sebab tanda putih tersebut akibat sisa air susu ibu (ASI). Lantas, bagaimana cara tepat membersihkannya?

“Bersihkan saja pakai kasa yang diusapkan ke lidah. Tapi kalau putih-putih itu cenderung tebal dan sulit dibersihkan berarti ada infeksi jamur yang memerlukan penanganan lebih lanjut oleh dokter,” lanjut dr Daulika.

  1. Kulit

Pemakaian kosmetik pada bayi seperti bedak, sampo, dan sabun harus dipastikan agar bayi tidak alergi. Sebab, umumnya kulit bayi masih sensitif. Oleh karena itu, dr Daulika berpesan hal terpenting yang harus dilakukan orang tua adalah memastikan bahwa kosmetik yang digunakan sudah terbukti aman. Jika kulit si kecil cenderung kering, sebaiknya gunakan pelembab yang aman.

Permasalahan lain pada bayi adalah tanda-tanda alergi seperti dermatitis alergi dan biang keringat. Dikatakan dr Daulika, biang keringat terjadi karena udara panas dan produksi keringat yang meningkat. Untuk mengatasinya, pada bagian yang sering berkeringat harus sering dibersihkan dengan waslap atau handuk basah.

Alergi pada bagian kepala juga bisa berupa kerak kepala atau cradle cap. Nah, cara membersihkannya cukup memakai baby oil dan diusapkan dengan lembut. Tetapi, jangan terlalu keras agar tak infeksi.

4. Kemaluan

dr. Daulika menyebutkan untuk membersihkan kemaluan pada bayi laki-laki dan perempuan memiliki cara yang berbeda. Pada laki-laki bagian kulup kemaluan harus dibuka dan dibersihkan.

Sementara pada perempuan dapat dibersihkan dari bagian atas ke bawah supaya kuman atau bakteri dari anus tidak ke saluran kencing.

“Yang terpenting pada perawatan bokong dan saluran kencing ialah rajin mengganti popok yang sifatnya iritatif dan mudah menyebabkan kulit kemerahan dan lecet,” kata dr Daulika.

(muslimdaily/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Allah SWT ‘Menyadap’ Kita
Level Fardhu Kifayah
Hukum Menghina Ulama
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Republik Hoax
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Contoh Saja (Masih) Belum Cukup
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Cara Sederhana Membersihkan Tubuh Dari Racun
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Agar Menghafal Al-Qur’an Terasa Nikmat
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga
Lumpia Crispy Isi Bengkuang
Wedang Bajigur, Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin