Tepung Beras Homemade

tepung beras

Muslimahzone.com – Bikin tepung beras sendiri ?….bikin repot aja yaaaa.……eitssss tunggu dulu…gimana kalo pas perlu banget trus ngga ada yang jual ? ….. harus bikin sendiri dooong ^^. Lagian ngga susah ini…..hanya perlu sabar dikit aja ^^, bisa juga untuk membuat tepung ketan .Insya Allah.
 
Bahan :
  • Beras
  • Air ( untuk merendam )
 
Alat :
  • Baskom
  • Saringan ( alat untuk meniriskan beras )
  • Blender kering atau grinder
  • Ayakan tepung
  • Tampah
 

Cara :

  1. Cuci beras seperti biasa lalu rendam  1- 6 jam
  2. Tiriskan, lalu hamparkan di tampah, jemur / angin-anginkan hingga kering , sesekali di bolak balik agar cepat kering.
  3. Ambil secukupnya haluskan dengan menggunakan blneder kering atau grinder.
  4. Bila masih kurang halus, kepal-kepal, lalu haluskan kembali, hingga didapat tepung yang halus.
  5. Lakukan hingga selesai.
  6. Ayak unutk mendapatkan tepung yang halus, sisanya yang masih kasar bisa kembali di haluskan.
  7. Hamparkan di tampah, jemur hingga benar-benar kering.
  8. Simpan dalam kantong kertas tertutup.
 

Tips :

– Gunakan beras baru .
– Pilih beras yang bila di masak tidak memerlukan banyak air, mungkin seperti beras pera ya ^^
– Sebagai pengawet alami dan untuk menjauhkan dari kutu dan semut, bisa di masukkan cabe kering atau 1 buah jeruk nipis.

 

sumber: DapurUmmuMusyasyiblogspot
 
(zafaran/muslimahzone.com)

Leave a Reply

dosa-riba
Properti Haram dan Betapa Besarnya Dosa Riba
jangan pacaran
14 Sebab Mengapa Sebaiknya Tidak Berpacaran Sebelum Menikah
akun-sosial-media
MUI Palu: Wanita Bersuami Dilarang Pamer Foto di Media Sosial
MOS
Pelaksanaan MOS Resmi Dilarang
hewan-qurban
Hukum dan Adab Seputar Idul Adhha
media sosial
Sosmedmu, Surga dan Nerakamu
menjaga lisan
Agar Lisan Kita Mulia
pilihan
Hidup Ini Pilihan, Atau Takdir?
pemberian
Menyebut Kembali Pemberian
pemakaman san diego
Man Robbuka? Sanggupkah Aku Menjawabnya ?!
mengeluh
Keluhan Bukan Wujud Syukur
cinta
Atas Nama Cinta
kunci bahagia
Kunci Kebahagiaan dan Keberhasilan Suami
bertengkar
Manajemen Pertengkaran dengan Pasangan dalam Rumah Tangga
memberi bunga
Suami Romantis ala Rasulullah (Part 3)
suami romantis
Suami Romantis Ala Rosulullah (2)
pendidikan anak
Pendidikan Anak, Tanggung Jawab Siapa?
anak duduk
Membuat Pola
anak tamyiz
Fiqh Pergaulan Tuntaskan di Usia 10 Tahun ?
anak-anak-mengaji
Mengarahkan Prestasi Anak
selfie-muslimah
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
sosmedia
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
alay
Era Gadget Ciptakan Generasi Alay, Generasi Lalai
book_pages_flower_mood
Menjadi Perempuan Berharga
rumah surga
Persiapan Pensiun
sederhana berpakaian
Sederhanalah Dalam Berpakaian
lentera
Secukupnya Tapi Mendalam
ikatan kuat
Dalam Dekapan Ukhuwah
dzikir
Obat Mujarab Itu Bernama Dzikir
anak sulit makan
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
susah makan
Penyebab Anak Susah Makan
brokoli
Persiapkan Kehamilan Dengan Makanan Bernutrisi
menghafal alquran
Cara Cepat Menghapal Al Quran Dengan 15 Menit
malam-yang-indah
Tips Menghidupkan Malam Lailatul Qadar
ibu-hamil-muda
Ini Tips Untuk Mengatasi Mual Saat Hamil
es-batu
Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori Wajah
pempek
Pempek Dos: Pempek Gurih Walau Tanpa Ikan
keripik bawang
Keripik Bawang Untuk Camilan Saat Lebaran
kolak labu
Manis dan Gurihnya Kolak Labu Kuning
Resep-Pisang-Ijo
Bikin Pisang Ijo Sendiri Yuk!