Hindarkan Kulit Indahmu Dari Kekeringan

Dry-Skin

Muslimahzone.com – Para muslimah, rata-rata (sejauh yang kita ketahui) ingin untuk memiliki kulit yang lembab dan tidak kering. Masalahnya, kondisi kulit yang kering seringkali tidak sehat dan juga tidak nyaman karena mudah luka dan juga sering gatal, bahkan kadang mengelupas.

Tentunya bukan hal yang nyaman untuk dirasakan, bukan?

Sayangnya banyak dari kaum muslimah yang tidak tahu tentang berbagai penyebab dan solusi dari masalah ini, selain dari cuaca yang panas. Padahal, bukan itu saja. Karenanya, ada baiknya jika kita mengetahui apa saja penyebab dan solusi dari masalah ini.

Usia dan Faktor Genetis

Salah satu penyebab kulit kering ternyata bukan hanya cuaca panas, melainkan karena faktor usia dan genetis. Hal ini dikarenakan seiring bertambahnya usia, maka kulit kita secara alami akan memproduksi minyak lebih sedikit dan juga keringan lebih sedikit. Jika kondisi ini terjadi, maka kulit akan menjadi kering.

Jika sudah sampai pada tahap seperti ini, ada baiknya untuk selalu memakai krim/lotion untuk melembabkan kulit. Dan akan lebih baik lagi jika ditambah dengan sunscreen/sunblock untuk muslimah yang wajahnya sering terpapar sinar matahari.

Sabun dan Kosmetik Kulit

Sebab lainnya yang dapat membuat kulit muslimah menjadi kering adalah pemakaian kosmetik wanita dan sabun yang tidak tepat. Hal ini dapat terjadi karena biasanya sabun dan kosmetik yang ada di pasaran, terutama kosmetik yang mengandung alkohol, akan menyerap minyak alami yang ada di kulit.

Karenanya, saran kami, pakailah kosmetik dan sabun yang tidak membuat kulit menjadi kering. Lebih baik lagi pastikan bahwa sabun dan kosmetik yang dipakai tidak mengandung alkohol yang sangat menyerap kelembaban alami kulit.

Sebagai gantinya, gunakan pembersih kulit yang bebas dari sabun, dan kosmetik berbasis herbal yang memiliki sifat mengandung pelembab bagi kulit (biasanya produk ini mengandung gamat, madu, minyak zaitun).

Lingkungan Kerja

Bagi wanita yang terpaksa untuk bekerja di luar rumah (karena sebaik-baik tempat bagi muslimah adalah di dalam rumah), seringkali pekerjaan yang dilakukan memaksa kulit untuk menjadi kering sepanjang hari, seperti misalnya pekerjaan tulis-menulis (basah = kotor) dan pekerjaan mengetik (basah = rusak). Apalagi bagi muslimah yang bekerja di ruangan ber-AC, maka kulit akan menjadi lebih kering lagi.

Bagi Anda yang berada di dalam kondisi seperti ini, solusinya adalah, coba untuk menggunakan moisturizer lotion pada kulit supaya kelembaban alaminya tetap terjaga. Terutama setelah Anda mencuci tangan, ada baiknya langsung “ditimpa” oleh moisturizer, sebab sabun sangat membuat kulit menjadi kering.

Paparan Air

Air memang terasa menyegarkan, tapi sebenarnya banyak terpapar air juga merupakan salah satu penyebab kulit menjadi kering.  Hal tersebut dikarenakan banyaknya minyak alami di kulit banyak yang terbawa oleh air, apalagi air panas.

Karenanya ada baiknya untuk menghindari penggunaan air panas untuk mandi/membersihkan kulit karena minyak akan sangat mudah terbawa. Sebaliknya, gunakan air yang tidak terlalu panas (hangat saja) dan jangan terlalu lama terkena air, supaya tidak banyak minyak alami kulit yang terbuang.

Selanjutnya, setelah kulit Anda terpapar air dalam waktu yang lama, apalagi jika air tersebut mengandung bahan kimia yang mampu melunturkan minyak (misalnya pada air kolam renang),  usahakan untuk membalur kulit Anda dengan moisturizer secepat mungkin. 

Penyakit Kulit

Salah satu sebab lain yang membuat kulit menjadi kering adalah karena penyakit. Cek kulit Anda apakah ada bercak-bercak berwarna merah yang timbul di daerah kulit yang kering, terutama pada daerah lipatan leher, wajah, siku, lutut, lengan dan persendian. Jika Anda menemukan kulit yang sangat kering dan rusak, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit muslimah yang Anda percayai.

Demikian tips kali ini, semoga bermanfaat.

Referensi :

  • University of Wisconsin, uhs.wisc.edu/health-topics/skin/dry-skin.shtml
  • Mayo Clinic, mayoclinic.com/health/dry-skin/DS00560/DSECTION=causes
  • Face and Skin Center, University of Missisipi Health Care, otolaryngology.umc.edu/documents/handouts/DrySkinCare_001.pdf
  • American Academy of Dermatology, aad.org/skin-conditions/dermatology-a-to-z/dry-skin/who-gets-causes/dry-skin-who-gets-and-causes
  • Harvard Medical School, health.harvard.edu/healthbeat/9-ways-to-banish-dry-skin

Penulis : Bledaone @ Ahli Herbal Com, divisi edukasi herbal nabawi.

Leave a Reply

akun-sosial-media
MUI Palu: Wanita Bersuami Dilarang Pamer Foto di Media Sosial
MOS
Pelaksanaan MOS Resmi Dilarang
waktu puasa
Wilayah dengan Waktu Puasa Terlama dan Terpendek di Dunia
BANDUNG, 12/5 - OKI SETIANA DEWI. Artis dan Penulis Oki Setiana Dewi menjawab pertanyaan para penggemarnya pada acara Meet and Great pada "Islamic Book Fair 2012" (IBF) yang diselenggarakan IKAPI Jawa Barat, Bandung, Sabtu (12/5). Selain berdiskusi persoalan keseharian, sebagai pemain film Ketika Cinta Bertasbih (KCB) Oki Setiana Dewi membahas pula bukunya yang berjudul "Sejuta Pelangi". FOTO ANTARA/Agus Bebeng/ss/ama/12.
Klarifikasi Oki Setiana Dewi Terkait Berita Miring Seputar Dakwahnya
bayi dalam rahim
Kebenaran Al Qur’an Tentang 3 Tahapan Penciptaan Manusia
bunga langka
Makna ‘Kebengkokan Wanita’ Sebagaimana Tulang Rusuk
treadmill
Hedonic Treadmill, Gaya Hidup Ekonomi Masyarakat Kini
Bulan
Qadha Ramadhan Atau Puasa Sunnah Syawal, Mana yang Didahulukan ?
tenang
Rahasia Kebahagiaan dan Ketenangan Hati
sabar dan syukur
Dua Kendaraan Berjurusan Surga
amal
Mensikapi Amal Kebaikan Kita Secara Bijak
sibuk-hp
Pecandu Handphone
taaruf
Menjemput Jodoh dengan Ta`āruf
taman bunga
Pernikahan yang Diancam Rasulullah
Suami-istri
Saatnya Jatuh Cinta Lagi
bunga-mawar-putih
Hak Isteri yang Harus Dipenuhi Suami
anak-anak-mengaji
Mengarahkan Prestasi Anak
anak hafal quran
Agar Anak Hafal Qur’an Sebelum Usia 7 Tahun
anak-main-ketapel
Cara Rasulullah Mendidik Anak yang ‘Nakal’
dialog
Ajaklah Anak Berdialog
alay
Era Gadget Ciptakan Generasi Alay, Generasi Lalai
book_pages_flower_mood
Menjadi Perempuan Berharga
love
Kenapa Remaja Saling Jatuh Cinta?
alat-make-up
Berhias, Takut Tak Laku?
tempe
Hakikat Yaqin
wanita muslimah
Kesempurnaan Ramadhan Para Shahabiyah
padang-pasir
Yang Dilakukan Nabi Saat Berkendara dengan Istri
Benteng-Perang
Ramadhan, Bulan Penaklukan
tidur-saat-puasa
Kenali Bahaya Tidur Setelah Sahur
isotonik
Perlukah Minuman Isotonik di Bulan Puasa
Ikan-Gabus
Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil
sleeping-child
Posisi Tidur yang Tidak Diperbolehkan Rasulullah
menghafal alquran
Cara Cepat Menghapal Al Quran Dengan 15 Menit
malam-yang-indah
Tips Menghidupkan Malam Lailatul Qadar
ibu-hamil-muda
Ini Tips Untuk Mengatasi Mual Saat Hamil
es-batu
Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori Wajah
keripik bawang
Keripik Bawang Untuk Camilan Saat Lebaran
kolak labu
Manis dan Gurihnya Kolak Labu Kuning
Resep-Pisang-Ijo
Bikin Pisang Ijo Sendiri Yuk!
roti nutela
Strawberry Nutella French Roll